4 Hal Ini Jika Dilakukan Bisa Meredakan Marah


syakirdaulay.com - Bismillah … bicara mengenai pandangan saya ketika diri sendiri sedang merasa marah ataupun jengkel lalu hal apa yang biasa dilakukan ? Yaa … tentu saja kita semua pasti pernah merasakan bagaimana rasanya ketika sedang marah atau kesal bukan? Baik itu marah dengan orang tua, saudara, sahabat, bahkan sama sang kekasih (jika ada yang punya) karena disini saya masih jomblo ya hehehe


Faktor yang biasanya menimbulkan kemarahan tersebut tidak lain karena adanya suatu kesalahpahaman diantara 2 pihak atau lebih, adanya suatu perselisihan, masalah kecil bisa menjadi besar, dan lain sebagainya.


Sebenarnya memiliki rasa marah di dalam diri sendiri itu merupakan suatu hal yang wajar. Sifat marah itu sendiri merupakan suatu rasa emosi yang penting untuk kita miliki. Mengapa bisa penting? Karena ketika kita merasa marah ataupun kesal, itu berarti merupakan suatu pertanda bahwa ada sesuatu yang perlu kita perbaiki di dalam diri sendiri. Perlu kita ketahui teman-teman sekalian ketika kita telah berhasil mengatasi rasa marah di dalam diri kita, berarti kita telah menjadikan kemarahan tersebut sebagai suatu pembelajaran agar diri ini bisa menjadi lebih baik lagi untuk kedepan nya.


Setiap manusia selain memiliki rasa sabar juga memiliki rasa marah di dalam dirinya. Akan tetapi jangan sampai dengan rasa marah iitu berlebihan sehingga dapat menghancurkan diri sendiri dengan dibutakan oleh rasa dendam,benci, iri hati, bahkan selalu berperasangka buruk terhadap orang lain.


Biasanya ketika seseorang sedang mengalami rasa marah ataupun kesal dengan orang lain dirinya pasti meluapkan semuanya itu dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Misalnya secara langsung itu seperti memarahi orang tersebut saat berada di hadapannya, melempar barang-barang yang ada di sekitarnya (ini kalau marah kita sudah tidak terkendali), dan lain sebagainya. Ada pun yang secara tidak langsung, misalnya ketika kita sedang marahan nih sampai nangis terhadap orang tersebut lalu kita pergi mencari tempat sepi yang dimana dapat membuat diri kita bisa menjadi lebih tenang.


Seperti pergi ke kamar tidur sendiri kemudian mengunci pintu, pergi ke tempat yang lebih tinggi dengan tidak ada orang sama sekali disana dan berteriak sekeras-kerasnya untuk meluapkan segala rasa marah yang ada di dalam diri sendiri, dan yang terakhir adalah marah dengan cara diam yaitu tidak berbicara terhadap orang yang memiliki masalah kepadanya sehingga dampaknya juga kepada orang-orang yang berada di sekitarnya. Ternyata bukan cuman ada cinta di dalam diam ya, ada marah dalam diam terhadap orang tersebut hehehe …


Untuk dapat mengendalikan dengan baik rasa marah atau kesal yang sedang kita rasakan, ada 4 hal ini jika dilakukan bisa meredakan marah dari saya nih kepada teman-teman sekalian semoga bisa bermanfaat ya. Yukk simak penjelasan nya dibawah ini :


4 Hal Ini Jika Dilakukan Bisa Meredakan Marah


Yang pertama, ketika kita sedang marah dan ingin menyendiri saja segeralah ambil air wudhu kemudian bawa shalat, beristighfar, berdzikir, membaca Al-Qur’an, bershalawat, dan berdoa kepada Allah SWT apa yang sedang kita alami dan apa yang kita rasakan. Ceritakanlah segalanya kepada Allah SWT, karena sesungguhnya Allah SWT Maha mendengar lagi Maha mengetahui segalanya apa yang ada di langit dan di bumi. Insya Allah, kita akan diberikan petunjuk oleh Allah SWT atas segala sesuatu masalah yang sedang dialami.


Yang kedua, mendengarkan lagu yang disukai. Ketika sedang marah hal yang juga biasa dilakukan adalah mendengarkan lagu yang sesuai dengan kondisi kita agar diri ini bisa menjadi lebih tenang. Misalnya dengan mendengarkan lagu shalawat, murottal ayat-ayat Al-Qur’an, dan lain sebagainya.


Yang ketiga, ceritakanlah kemarahan yang sedang kita alami kepada orang yang bisa dipercaya. Terkadang ketika kita sudah tidak bisa menyimpan kemarahan ini di dalam diri sendiri, dan kita pasti membutuhkan seseorang untuk bisa berbagi cerita agar dapat mengurangi beban fikiran. Oleh karena itu teman-teman sekalian, berbagilah cerita kemarahan yang sedang dialami kepada orang tua, saudara, atau bahkan sama sahabat kita sendiri yang dapat mengerti dan memahami sifat kita dengan baik. Dengan begitu kita dapat diberikan saran maupun nasehat yang baik dari mereka agar segala sesuatu kemarahan kita ini bisa diselesaikan dengan cara yang baik.


Yang keempat, melakukan olahraga guna melampiaskan kemarahan yang sedang di alami. Terkadang ketika kita sedang mengalami suatu kemarahan pasti ada saatnya dimana melampiaskan itu semua dengan melakukan suatu aktivitas fisik. Misalnya seperti berlari dengan kencang, bermain bola basket, melakukan kegiatan bela diri, dan lain sebagainya. 


Inilah beberapa tips dari saya untuk teman-teman sekalian, dan ini semua juga tergantung lagi kepada kalian terhadap situasi dan kondisi yang sedang dialami. Jadi teman-teman sekalian yang Insya Allah dirahmati oleh Allah SWT, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga bisa dijadikan sebagai suatu pembelajaran untuk kita. Apapun masalah dan kondisinya kita jangan sampai berlarut-larut dalam kemarahan ini. Karena dapat menimbulkan suatu penyakit yang tidak baik bahkan dapat merusak iman kita sendiri jika terlalu lama marah terhadap orang lain.


Ada saatnya dimana kita dapat memaafkan orang tersebut dengan cara yang baik melalui kepala dingin/fikiran yang jernih. Allah SWT saja Maha Pengampun atas segala dosa-dosa dari hambanya jika mereka mau bertaubat dengan bersungguh-sungguh. Masa kita sebagai manusia biasa tidak bisa memaafkan kesalahan dari orang lain ? 


Allah SWT berfirman : Orang-orang yang menafkahkan harta mereka, baik di  waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang mampu mengendakalikan marahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah SWT mencintai orang yang berbuat kebaikan. (Q.S Ali ‘Imran ayat 134)


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata, seorang laki-laki datang dan berkata kepada Rasulullah SAW, “Berilah aku wasiat”. Kemudian beliau menjawab “Janganlah engkau marah”. Laki-laki tersebit mengulang lagi minta wasiat, (namun) Rasulullah SAW (selalu) menjawab “Janganlah engkau marah”. (HR. Bukhari)


Pesan terakhir dari saya janganlah sekali-kali ketika kita sedang marah kepada seseorang lalu berkata yang tidak seharusnya untuk diucapkan. Karena kita tahu bahwa setiap perkataan yang kita ucapkan itu merupakan suatu doa, maka kendalikan lah sebisa mungkin kemarahan kita itu dengan baik agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Dan janganlah membuat suatu keputusan bilamana ketika kita sedang marah. Sahabat Nabi Ali Bin Abi Thalib pernah berkata :  “Jangan membuat keputusan saat marah, dan jangan berjanji saat kau bahagia”.


Sekian artikel dari saya pada kesempatan kali ini, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Baca juga : Apakah hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan?

                  Tiga Cara Mengatasi Pertengkaran dalam Rumah Tangga

                  Ambillah Hikmah dari Setiap Kejadian

                  Buang Rasa Kecewa Hidup Jadi Tenang



Penulis Muszalifah Balqis
Rabu, 12 Agustus 2020