Apakah hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan?


syakirdaulay.com - Semua yang ada di alam semesta ini pilihan, mau baik atau buruk. Tak ada yang bisa menghindar dari sebuah pilihan dan keputusan. Karena hasil yang kita rasakan saat ini adalah pilihan kita dari masa lalu dan sebelum menentukan pilihan lebih baik pikirkan matang-matang. Semua ada risikonya tersendiri. Di akhirat pun akan ada pilihan. Apakah kita akan melewatinya dengan mulus atau tidak? Melewati jalanan yang lurus atau berliku adalah hasil dari sebuah pilihan. Kita dapat menghadapinya atau bahkan menghindarinya, semua selalu bergantung pada pilihan.


Apakah hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan?


Aku ingin bertanya pada kalian? Apakah hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan? Bahkan untuk hal kecil seperti memilih pakaian? Tidak bisakah kita menghindari pilihan itu? Mengapa aku harus memilih? Mengapa ada risiko di setiap pilihan itu? Mengapa? Bagaimana caranya menghindar dari semua pilihan yang merepotkan ini? Apa yang harus kulakukan? Hmm, entahlah. Aku juga bingung menghadapi semua ini. Begitu banyak pertanyaan, sampai kita melupakan berapa jawaban yang akan terlontar. Mengapa pertanyaan selalu lancar jaya keluar dari mulut kita sedangkan jawaban begitu tersendat ketika ingin diucapkan? Kapan pertanyaan akan selesai?


Aku ingin bertanya pada kalian? Apakah hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan? Bahkan untuk hal kecil seperti memilih pakaian? Tidak bisakah kita menghindari pilihan itu? Mengapa aku harus memilih? Mengapa ada risiko di setiap pilihan itu? Mengapa? Bagaimana caranya menghindar dari semua pilihan yang merepotkan ini? Apa yang harus kulakukan? Hmm, entahlah. Aku juga bingung menghadapi semua ini. Begitu banyak pertanyaan, sampai kita melupakan berapa jawaban yang akan terlontar. Mengapa pertanyaan selalu lancar jaya keluar dari mulut kita sedangkan jawaban begitu tersendat ketika ingin diucapkan? Kapan pertanyaan akan selesai?

Pernahkah kau berpikir? Apa jawaban dari semua pertanyaan itu? apa jawaban dari semua pilihan tersebut? Apa dan mengapa kita harus memilih? Pernahkah terlintas dipikiran kalian tentang semua itu? Hah, aku tak tahu pasti. Tapi pilihan tetap harus dipilih. Apapun yang terjadi, tak akan berubah, semua sudah punya rencananya masing-masing. 


Ya, begitulah hidup. Hidup ini selalu dihadapkan pada pilihan. Ada pilihan, konsekuensi, risiko, dan sejumlah beban yang harus ditanggung. Tak ada yang bisa menghindar dari ketentuan tetap-Nya. Takdir telah tertulis, tak dapat diubah. Tapi kita bisa memilih bagaimana cara untuk melewati dan menjalaninya, dengan bersenang-senang di awal atau di akhir, menderita dahulu atau kesenangan yang fana dulu yang kita pilih. Semua pilihan ada di tangan kita, atas kehendak kita, memang ada yang mengatur, tapi semua perbuatan atas pilihan itu kita sendiri yang akan melakukan. Jadi mau seperti apa hidup ini? Pintu pilihan selalu terbuka lebar untuk kita yang ditakdirkan tak lepas dari itu semua. Ingin memilih yang buruk atau baik itu terserah. Hal baik akan muncul, begitu pun dengan hal buruk yang tak mengenakkan.


Mengapa kita harus memilih? Karena kita tahu apa arti pilihan itu. Sebenarnya, apa arti dari pilihan itu sendiri? Menurut KBBI, pilihan adalah yang dipilih atau hasil memilih; yang terpilih (terbaik, terkemuka, dan sebagainya); jalan, upaya dan sebagainya yang dapat dilakukan. Jadi, apa yang harus kamu lakukan sekarang? Memilih? Tentu semua harus didasarkan pada pilihan. Kita bisa menolak untuk memilih, tapi kita tidak bisa menolak hasil dari pilihan itu. Maka, sudah saatnya untuk menyadarkan diri akan semua hal tentang pilihan. Pilihlah jalan yang baik, maka kamu akan tahu apa yang akan kamu tempuh, begitu pun sebaliknya. Jadi, mau bagaimana? Kalian mempunyai kehendaknya masing-masing dan itu terserah pada dirimu. 





Profil Penulis
Permata Witjaksana P., gadis kelahiran 2004 yang masih setia dengan kotanya; Kota Hujan, atau Bogor lebih tepatnya. Mulai menekuni bidang kepenulisan sejak remaja dan bisa dibilang itu semua dimulai dari @nulisyuk. Penulis merupakan salah satu alumni #nulisyuk dari sekian banyak orang yang telah ikut kelas dari komunitas tersebut.