Mohonlah Pertolongan Allah Jika Ujian dan Cobaan Menghampirimu


syakirdaulay.com - Ujian adalah seni dalam kehidupan. Tak heran jika kita hidup penuh dengan ujian dan cobaan dari Sang Pencipta. Namun ada 1 hal yang tidak boleh kita lupakan, yaitu : Allah tidak akan memberi ujian dan cobaan melebihi dari batas kemampuan kita, maka bersabarlah.


Mohonlah Pertolongan Allah Jika Ujian dan Cobaan Menghampirimu



Semua kita akan mengalami ujian dan cobaan dalam hidup. Mohonlah pertolongan Allah jika ujian dan cobaan menghampirimu, yaitu dengan cara :

1. Jagalah batasan batasan Allah

Jagalah batasan batasan Allah, baik itu bersifat global maupun terperinci. Kerjakanlah semua perintahNya dan tinggalkan seluruh laranganNya. Niscaya Allah akan menjaga dan melindungi kita dari keburukan.


Seorang Sahabat Abdullah bin Abbas mengatakan bahwa Nabi صلى الله عليه و سلم mengatakan : Jagalah Allah niscaya Dia akan menjagamu. Jagalah Allah maka kamu akan mendapatkanNya berada di hadapanmu.  Mintalah kepada Allah, jika kamu memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah. (HR.At-Thirmidzi)


2. Yakin bahwa Allah ingin mendidik dan memilih anda dengan ujian tersebut

Allah berfirman dalam surah 'Ali Imran ayat 141 yang artinya: Dan Allah ( berbuat demikian ) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada di hatimu.


Allah mendidik anda dengan ujian karena sesekali anda tidak akan menjadi bijaksana sampai anda hidup dengan penuh cobaan jiwa, merasakan pahit dan sulitnya. Karena ujian lah anda menjadi pribadi yang bertindak lebih bijaksana.

3. Percaya penuh kepada Allah

Seorang mukmin adalah orang yang percaya kepada Allah.  Kepercayaannya tidak akan runtuh dalam menghadapi ujian dan cobaan dariNya.


Allah berfirman dalam surah al Ahzab ayat 22 yang artinya : Dan saat orang-orang mukmin melihat golongan-golongan orang yang bersekutu, mereka berkata: Inilah yang dijanjikan Allh dan RasulNya, dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan


Mari kita teladan pada para Nabi dan Rasul Allah, saat Nabi Musa melihat laut terbelah di depannya, sedangkan musuh sudah mengejarnya dari belakang, ia tidak merasa takut melainkan ia berkata: Sekali kali tidak akan tersusun, sesungguhnya Robbku bersamaku, kelak Dia akan memberi petunjuk kepadaku"


Kita harus yakin kepada Allah jika ujian dan cobaan itu akan segera Allah beri petunjuk untuk menyelesaikannya.

4. Menyakini bahwa tipu daya buruk akan kembali kepada pelakunya

Jangan takut dan bersedih terhadap tipu daya yang menghalangi atau dilancarkan orang lain kepada Anda. Sesungguhnya tipu daya itu bencana dan kehancuran bagi pelakunya. Cukup Allah sebaik baik penolong, penjaga dan maha mengetahui terhadap apa yang mereka lakukan.

Pepatah mengatakan, Barang siapa menggali lubang untuk saudaranya, niscaya ia akan jatuh kedalamnya.


Allah berfirman dalam Surah Fathir ayat 43  yang artinya: Rencana jahat itu tidak akan menimpa selain orang yang merencanakannya sendiri.

5. Anda harus menyakini bahwa anda bukanlah satu satunya orang yang ditimpa musibah

Seorang muslim hendaknya mengetahui, orang orang sholeh terdahulu juga telah diuji oleh Allah.  Dan Allah akan terus menguji para WaliNya dengan berbagai macam ujian.


Anda bukanlah satu satunya orang yang mendapatkan musibah. Musibah juga menimpa orang orang sebelum dan sesudah anda, seperti para Nabi kita


Nabi Ayyub di uji dengan sakit yang berkepanjangan.
Nabi Yusuf di penjara.
Nabi Musa disakiti dan menghadapi musuh yang sangat sombong dan pembangkang.
Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam hidup dalam keadaan yatim dan fakir miskin. Didustakan, disebut tukang sihir, orang gila dan di perolok olokan. Beliau juga di lempari kotoran saat sedang sholat, diusir dari negerinya dan kehilangan para sahabat serta orang orang yang dicintainya.


Jika anda sudah meyakini bahwa ujian dan cobaan adalah sebuah kemestian, meyakini bahwa apa yang menimpa anda adalah dari Allah dan telah ditakdirkan. Maka bersabarlah karena ia memiliki batas waktu tertentu dan akan berlalu.


Marah dan sedih kepada sesuatu yang telah berlalu tidaklah bermanfaat. Ridho dan sabar yang harus kita lakukan. Mohonlah pertolongan Allah jika ujian dan cobaan menghampirimu dengan cara seperti yang telah diuraikan di atas. Semoga  artikel bermanfaaat buat kita semuanya.


Baca juga : Motivasi dari Syakir Daulay Cara Supaya Bisa Istiqamah

                   Buang Rasa Kecewa Hidup Jadi Tenang

                   Setan Mudah Menyesatkan Manusia Yang Punya 3 Sifat Ini


Penulis Adalah: Ega Cahya Ningrum. Alumni #nulisyuk