Ada Hikmahnya Dibalik Rasa Sakit


syakirdaulay.com - Diantara kita pasti tidak ada yang ingin sakit. Kita semua ingin sehat dan yang sedang sakit ingin segera sembuh. Dalam kondisi pandemi seperti ini membuat diri menjadi was-was, khawatir yang berlebihan dan berpikir apa aku juga salah satu orang yang berpenyakit COVID-19 seperti yang lainnya? Rasa takut akan hal itu wajar saja dialami manusia. Namun ada hal yang perlu diketahui bahwa ketika sakit itu ada hikmahnya. Dibalik sakit itu ada beberapa hikmah yang bisa kita pelajari.


Ada Hikmahnya Dibalik Rasa Sakit



Sakit mengajarkan kita untuk menghargai kesehatan. Seseorang yang sehat akan lupa betapa berharganya sehat yang diberikan oleh Allah SWT sekarang kepada kita yang sehat. Namun ketika sakit itu menghampiri kita, kita baru menyadari sehat itu sangat berharga dan cara menghargainya dengan menjaga tubuh tetap sehat.


Sakit dapat menghapuskan dosa. Ketika seseorang itu sedang sakit dosa-dosanya akan dihapuskan sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah SWT akan menggugurkan bersamanya dosa-dosa ya seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya (HR. Bukhari dan Muslim). "Ada pula dalam firman Allah SWT dalam surah Asy-Syuura ayat 30 mengatakan : Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu). Musibah yang dimaksudkan disini bisa berupa penyakit. Yakinlah, Ada hikmahnya dibalik rasa sakit 


Sakit membuat diri semakin dekat pada Allah SWT. Bukankah pada saat tubuh ini sakit kita baru mengingat Allah SWT, meminta kesembuhan kepada Allah SWT. Allah SWT yang memberikan sakit dan Allah SWT pulalah yang akan memberikan kesembuhan. Obat, dokter dan usaha yang orang sakit lakukan untuk sembuh dari penyakitnya itu semua adalah perantara Allah SWT untuk menyembuhkan penyakit hambaNya.


Sakit membuat seseorang lebih sabar. Orang yang sakit akan menambah kesabarannya dalam melakukan setiap usaha dan doa yang dilakukannya untuk bisa segera sembuh.


Itulah hikmah yang bisa kita pelajari dari sebuah sakit dan ada beberapa cara untuk mencegah penyakit itu ada pada tubuh kita dengan menjaga pola makan, pola hidup dan pola pikir. Jangan pernah berpikir kita tidak akan bisa sakit tanpa menjaga ketiga hal itu. Selagi kita masih hidup risiko terkena penyakit itu masih bisa saja terjadi pada diri kita. Sehingga kita harus pintar menjaga pola makan, hidup dan pikiran kita.


Dalam firman Allah SWT menyuruh kita untuk memperhatikan makanan yang akan kita makan di surah 'Abasa ayat 24 "Maka hendaklah manusia itu memhatikan makanannya." Pola makan di jaman sekarang ini yang suka dengan makanan instan, siap saji tanpa memperhatikan gizi yang ada di dalam makanan tersebut menjadi salah satu penyebab seseorang gampang terkena penyakit. Ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat, dengan jarang berolahraga, hanya suka berbaring saja. 


Dan juga pola pikir, tekanan ekonomi dan pengeluaran yang semakin banyak dengan kondisi yang seperti sekarang banyaknya PHK dan susahnya mencari pekerjaan. Itu semua membuat tubuh daya tahan tubuh berkurang dan gampang terkena penyakit. Perbanyaklah bersyukur, karena dengan bersyukur salah satu cara mengurangi stres yang berlebihan akibat kondisi yang sekarang kita alami. Insya Allah, dengan kehendakNya kita bisa melewati pendemi COVID-19 ini. 


Semoga kita semua terhindar dari penyakit dan selalu diberi kesehatan pada Allah SWT dan pula tidak lupa berdoa serta diiringi dengan usaha hidup sehat. Dan yang sedang sakit segera diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Yakinlah, Ada hikmahnya dibalik rasa sakit 





                   Kebahagiaan Tergantung Pada Pola Pikir


                   Buang Rasa Kecewa Hidup Jadi Tenang


                   Ada Hikmah Dibalik Kegagalan 





Penulis, Nur Hazanah umur 23 tahun berdomisili Barru, Sulawesi Selatan. Sejak SMP sudah hobi menulis namun baru aktif mendalami menulis 4 tahun terakhir ini dan alumni #nulisyuk.