Ada Hikmah Dibalik Kegagalan


syakirdaulay.com - Dalam mencapai sesuatu tentu kita akan menerima hasilnya, apakah itu kesuksesan ataupun itu kegagalan. Tentu saja kita semuanya menginginkan kesuksesan atau kita ingin apa yang kita lakukan tercapai tujuannya seperti yang kita harapkan. Dan kita tidak ingin apa yang kita lakukan tidak membuahkan hasil, kita juga tak ingin tujuan atau target yang telah kita tentukan tidak tercapai tujuan atau sasaran. 

Kita hanya berusaha merencanakan, melakukan sesuatu, tapi hasilnya nanti tetap Allah yang tentukan. Kita sebagai manusia tentu lemah, banyak kekurangan dan tidak ada daya dan upaya untuk memastikan bahwa suatu usaha yang kita lakukan akan berhasil atau tidak, sebab yang berkuasa menentukan hasilnya adalah Allah SWT. Kita sebagai hamba hanya berencana, berusaha, berdoa dan selanjutnya tawakkal menerima hasil yang ditentukan Allah. Alhamdulillah jika yang kita rencanakan, yang kita lakukan, Allah izinkan tercapai tujuannya. Lalu bagaimana kalau tidak? Tetap Alhamdulillah juga karena semuanya berasal dari Allah SWT. 

Tentu saja apa yang kita lakukan ada yang berhasil dan ada juga yang gagal.  Apakah kalian pernah mengalami kegagalan tidak? Pasti kita semuanya pernah mengalami kegagalan. Baik kali ini saya akan membahas tentang kegagalan. Gagal adalah hal yang sudah biasa dialami seseorang dalam hidupnya, namun semua hal yang terjadi harus selalu disyukuri, dengan bersyukur kita akan tahu makna dibalik kegagalan tersebut. 

Jika kegagalan selalu menghampiri hidup kalian, janganlah kalian selalu mengeluh. Tetapi teruslah berusaha dan semangat, karena dengan mengeluh kegagalan akan selalu menghampirimu. Gagal bukan berarti kalian tidak ada harapan, tetapi malah ada harapan untuk berhasil, ada harapan untuk mampu dan bisa. Dan ingat, Allah itu Maha Memberi, Allah itu mampu memberi segalanya yang kamu inginkan ketika kamu berdoa kepadaNya, ingat tidak ada yang tidak mungkin jika Allah telah berkehendak. 

Ada Hikmah Dibalik Kegagalan


Dan dibalik kegagalan yang kita alami pasti ada hikmahnya yang dapat kita ambil, hikmahnya yaitu:

1. Saat gagal kalian banyak belajar menjadi dewasa

Saat gagal kalian menyadari kalau realita hidup memang seperti ini. Terkadang kalian mendapatkan kesuksesan dan terkadang kalian juga mendapatkan kegagalan. Semua itu agar kita bisa bersikap lebih dewasa lagi karena tidak semua hal bisa diraih dengan mudah. Walaupun kegagalan itu sangat pahit tetapi kegagalan mengajarkan kita supaya menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.

2. Saat gagal kalian sebenarnya satu langkah lebih maju untuk mencapai keberhasilan

Saat gagal kita pun sadar bahwa sesuatu hal yang kita inginkan memang perlu pengorbanan dan usaha yang gigih. Karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan karena kegagalan kita pasti akan berusaha untuk terus mencoba sampai kesuksesan itu bisa kita dapatkan. 

3. Kegagalan dapat melatih kesabaran

Dengan banyaknya usaha yang telah kamu lakukan, maka sejauh ini kalian sudah bersabar dalam menikmati proses. Kegagalan dapat melatih kamu menjadi orang yang selalu bersabar.

4. Kegagalan dapat menjadikan kalian lebih dekat dengan Allah SWT

Ketika kalian merasa lelah dengan perjuangan yang sudah kalian lakukan selama ini. Dan kalian percaya bahwa Allah lah yang akan membuat kalian menjadi begitu lebih semangat, Allah lah yang dapat mengabulkan semua permintaan kalian dan Allah yang membuat kalian pantang menyerah, sehingga dengan kegagalan tersebut dapat membuat kalian tidak berhenti untuk selalu berdoa disetiap saat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat buat kalian semua dan maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian artikel ini. Semoga kalian selalu semangat dan pantang menyerah untuk menggapai cita cita yang kalian inginkan dan jangan lupa untuk selalu disertai dengan bersabar dan berdoa, karena itu semua adalah kunci dari kesuksesan. Terima kasih

Artikel ini ditulis oleh  :
@dinanuriavani01