Marilah Kita Perbanyak Bersyukur


syakirdaulay.com - Setiap manusia yang hidup di muka bumi, pastinya tidak akan terlepas dari sebuah masalah atau rintangan. Dapat kita ketahui, terkadang masalah tersebut membuat seseorang merasa terpuruk dan putus asa dalam hidupnya. Tetapi, masih banyak orang-orang yang tetap semangat menghadapi cobaan yang dialaminya. Mereka mensyukuri atas nikmat yang ada, mereka percaya setiap datangnya permasalahan pasti ada hikmahnya.


Marilah Kita Perbanyak Bersyukur



Nyatanya memang sulit untuk menjalani semua kehidupan ini. Ada cobaan untuk kita mengikhlaskan sesuatu hal, ada ketika kita tidak lolos sekolah/univ yang diinginkan, ada ketika kita ditolak dalam lamaran pekerjaan, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi setiap masalah dan musibah yang hadir dalam kehidupan kita adalah cara Allah untuk menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik.


Baca juga Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?


Maka dari itu, mulai sekarang marilah kita perbanyak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah, mudah-mudahan cara ini dapat bermanfaat untuk kedepannya bagi kita semua termasuk saya sendiri. Berikut ini beberapa cara agar kita selalu bersyukur setiap waktu, yaitu:


1. Setiap keluh kesah datang, Ingatlah nikmat yang Allah berikan setiap waktu kepada kita

Setiap manusia pasti merasakan keluh kesah. Dapat kita ketahui, lihatlah orang disekelilingmu, sedih rasanya, bila kamu masih kurang bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Setiap kamu mulai menyerah, ingatlah Allah, yang telah memberi kita banyak kenikmatan. Seperti nafas yang kita hirup secara bebas, jantung yang terus berdetak setiap detik, hingga organ-organ tubuh kita yang berfungsi dengan baik adalah nikmat pemberian Allah yang patut kita syukuri. Sungguh Allah Maha Baik, bayangkan saja jika Allah meminta kita untuk membayar setiap nafas yang kita hiruf, mungkin tak ada manusia yang mampu membayarnya. 


2. Selalu mengucapkan syukur kepada Allah
Mengucapkan syukur adalah salah satu cara agar kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Orang yang selalu bersyukur pastinya akan merasa cukup atas nikmat yang telah diberikannya. Ucapkanlah “Alhamdulillah” agar hati mu tetap terjaga, tentram dan tenang.


3. Ketika mempunyai rezeki, jangan lupa untuk disedekahkan/diinfaqkan
Bersedekah merupakan salah satu cara untuk senantiasa bersyukur. Mengapa harus bersedekah? Karena, dengan bersedekah kita telah merasakan nikmat yang telah Allah berikan dengan rasa rezeki yang cukup dan tergeraklah hati kita untuk bersedekah. Ingatlah dengan cara bersedekah, kita akan terus selalu bersyukur. Manfaat bersedekah ini juga yang dapat melipat gandakan rezeki kita di akhirat kelak.


4. Perbanyaklah Beribadah dan Berpuasa
Beribadah adalah kewajiban kita sebagai umat muslim untuk beribadah kepada Allah. Cara ini pun dapat menguatkan kita untuk selalu bersyukur. Seperti shalat 5 waktu, shalat sunnah, puasa Senin-Kamis, berdzikir setiap saat, tadarus qur'an dan jangan lupa selalu baca isi kandungannya, sujud syukur, dan masih banyak cara lainnya.


5. Setiap waktu teguhkanlah Qanaah (Merasa Cukup)
Merasa cukup/qanaah dengan apa yang telah dimiliki adalah termasuk orang-orang yang bersyukur atas nikmat Allah yang telah diberikan. Sedangkan, orang yang selalu merasa kurang dengan apa yang dimilikinya, maka orang tersebut termasuk kedalam golongan orang yang kufur nikmat Allah. Jangan sampai kita termasuk orang-orang seperti ini. Maka dari itu perbanyaklah untuk selalu merasa cukup atas apa yang telah Allah berikan. Mulailah sedikit demi sedikit, yang penting mulai dengan niat karena Allah.


6. Menjauhilah Larangan-larangan Allah
Ini pun salah satu cara agar kita selalu bersyukur, dengan menjauhi larangan Allah. Agar hati kita selalu terjaga. Akan berbahaya bila kita tidak menjauhi larangannya itu akan membuat hati kita keras dan tidak akan selalu bersyukur.


7. Bersahabatlah dengan mereka yang bertaqwa
Bersahabat dengan mereka yang bertaqwa dapat membuat kita semangat dan selalu bersyukur. Karena, seorang Sahabat yang bertaqwa akan selalu mengingatkan kita dijalan Allah, dan dapat membuat kita menjauhi larangan-larangan Allah. Seorang sahabat akan selalu mengingatkan ketika kita salah maupun disaat kita menyerah, kembali untuk kebaikan kita juga agar menjadikan pribadi yang baik untuk kedepannya.


Maka dari marilah kita perbanyak bersyukur atas adanya baik cobaan, permasalahan apapun. Ada yang menurut kita baik belum tentu baik bagi Allah, sebaliknya ada yang menurut kita tidak baik bisa jadi baik bagi Allah. Inti dari ini kita haruslah banyak bersyukur atas kehidupan ini. Setiap sedang bahagia dan adanya masalah berdo'a lah, karena Allah, tidak akan memberi cobaan yang tidak dapat dilalui umatnya. Wallahu’alam.


Baca juga : Jangan Gunakan Mata Mulut Telinga Tangan dan Kaki Untuk Kemaksiatan 

                   Ingatlah Kunci Keberhasilan Adalah Istiqomah




Profil Penulis:
Aulia Silvana Deva seorang Mahasiswi daerah Bandung, yang baru beranjak usia 19 tahun. Menulis adalah salah satu Hobbinya dan ia salah satu alumni #nulisyuk Bacth 49.