Meminta Maaf Kepada Orang Tua di Hari Raya

syakirdaulay.com - Besok setelah Shalat Hari Raya, datanglah kepada kedua orang tua. Minta maaflah kepada mereka berdua. Barangkali ada kata, sikap atau pun yang lainnya yang menyinggung perasaan beliau. Kalau bisa minta maaflah dengan cara mencium tangan dan kaki mereka berdua. Karena pada diri kita itu telah mengalir air susu ibu kita dan makanan yang kita makan sehari-hari berasal dari keringat kerja keras ayah kita.






Orang tua merupakan sosok yang paling menyayangi kita. Merekalah yang merawat, mendidik, dan membesarkan kita hingga saat ini. Tentu saja sebagai seorang anak, kita pasti pernah melakukan kesalahan yang menyakiti hati orangtua, baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Minta maaflah segera kepada orang tua. 




Meski mengakui kesalahan dan meminta maaf itu bukan hal yang mudah, tapi ini merupakan salah satu bentuk bakti kita pada orangtua, apalagi jika dilakukan saat momen Hari Raya pasti akan terasa sangat hangat dan penuh dengan rasa kekeluargaan.


Meminta Maaf Kepada Orang Tua di Hari Raya Dengan Tiga Cara

1. Dengarkan Apa yang Dikatakan Orang Tua

Cara meminta maaf kepada orang tua yakni dengan mendengarkan apa yang dikatakannya. Bila orang tuamu sedang menasehatimu, janganlah menjawab atau menyangkalnya. Bila kamu menjawab apalagi menyangkalnya, itu sama saja kamu menyakitinya. Dengarlah semua nasehatnya, dinasehati karena orang tua sangat menyayangimu. 


Biasanya hal yang dibicarakan oleh orang tua saat kita meminta maaf adalah menjelaskan apa yang menjadi kesalahan kita. Orang tua ingin memberi tahu bagian mana yang salah darimu dan harus diperbaiki. Maka dari itu, dengarkanlah perkataannya dengan sungguh-sungguh agar hubunganmu dengan orangtua tetap harmonis dan kesalahanmu dimaafkan.


Jangan menyangkalnya, karena bagaimanapun juga pengalaman orang tua jauh lebih banyak dibandingkan dirimu sehingga orang tua akan menggunakan pengalamannya di masa lalu agar tidak terulang padamu. Maksud mereka baik, kamu harus dengan sabar mendengarkannya demi kebaikanmu juga.


2. Berbicaralah Dengan Nada Sopan dan Lembut

Anak yang baik saat meminta maaf kepada orang tua adalah dengan berbicara lembut dan sopan. Lembut dan rendahnya suara serta sikap yang sopan anak saat berkata-kata dengan orang tua adalah sebagai tanda hormatmu pada orang tua. 


Jangan pernah membentak orangtua, karena itu bukan merupakan perbuatan terpuji dan bisa menyakiti hatinya. Sungguh sangat berdosa apabila kamu sampai tega berteriak dan membentak orangtua yang sudah membesarkanmu dengan penuh kasih sayang.


Setiap orang tua layak mendapatkan perlakuan lembut dari anaknya, karena rasa kasih sayang dari seorang anak. Ketika kamu hendak meminta maaf, pelankanlah suaramu dan katakan permintaan maaf dengan tutur kata yang sopan dan lembut. Niscaya orangtua pun akan memaafkan kesalahanmu.


3. Akui Kesalahan dan Perbaiki

Terakhir, cara untuk meminta maaf kepada orangtua ialah mengakui kesalahan dan memperbaikinya. Orangtua pun pasti akan senang hati memaafkan anaknya yang sudah menyadari kesalahannya dan bertekad untuk memperbaiki.


Memang sulit bagi beberapa orang saat harus mengakui kesalahan, ada rasa sungkan dan gengsi namun, perasaan itu harus kamu hilangkan. Mengakui kesalahan dan menunjukkan perubahan sikap membuatmu terlihat lebih dewasa dan bijak. Hal itu juga yang pastinya selalu diharapkan oleh orangtua.


Ingat, mengakui kesalahan bukan berarti kamu lemah, mengakui kesalahan artinya kamu mampu melawan ego dan mampu berpikir jernih dengan menyadari kesalahanmu. Setelah meminta maaf, berjanjilah pada dirimu sendiri bahwa kamu akan memperbaikinya dan tidak mengulanginya lagi.