Membaca Bisa Membuat Otak Tambah Pintar


syakirdaulay.com - Baca atau membaca dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online memiliki arti melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati), mengeja atau melafalkan apa yang di tulis, mengucapkan, mengetahui dan memahami (kbbi.web.id). Membaca memiliki makna yang sangat luas. Ada pepatah mengatakan membaca adalah jendela dunia, banyak hal yang akan di ketahui ketika seseorang itu membaca. Membaca ada di dalam Al-Quran, sudah sangat jelas di dalam Al-Quran menjelaskan hal itu.


Dalam firman ini sudah dijelaskan dengan sangat jelas, manusia diperintahkan untuk membaca terlebih dahulu, memahami apa yang akan mereka lakukan. Dengan membaca, Tuhan mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. Sebab membaca bisa membuat otak tambah pintar. Maha Besar Allah dengan segala firmannya, Tuhan Maha Tahu hambanya begitu bodoh tentang banyak hal, tidak memahami dengan baik hal tersebut. Semua yang ada di bumi dan di langit punya ilmunya masing-masing.





Salah satu contoh kecil mengapa manusia harus membaca? Ketika seseorang ingin pergi ke suatu tempat, orang itu pastinya akan mencari informasi terkait tempat tersebut sebelum berangkat ke tempat tujuan. Orang itu akan membaca denah dan alamat di pencarian situs web atau di google maps. Setelah mendapatkan banyak informasi barulah orang itu yakin bahwa dia tidak akan tersesat.


Didekat daerah tersebut pun orang itu harus tetap membaca, membaca apa? Membaca petunjuk arah jalanan, mencocokkan apa jalan yang dilalui itu sudah cocok atau belum. Namun terkadang ada sedikit keraguan dalam hati tentang apakah jalanan ini sudah benar. Dalam membenarkan hal itu maka orang itu pergi bertanya ke orang-orang sekitar. Tapi ingatlah tidak semua orang di sekitar daerah itu tahu dimana tempat yang dituju. Terkadang penjelasan dari orang lain membuat orang itu tersesat. Ketika orang itu menemukan orang yang sudah lama tinggal di daerah tersebut dan sudah paham jalanan tersebut, maka tidak ada kata tersesat sesuai petunjuk orang itu dan tetap mencocokkan petunjuk arah jalanan yang di tuju.


Contoh sederhana ini sering kali dirasakan orang lain dan contoh ini menjelaskan dengan baik bahwa dengan membaca, seseorang semakin tahu dan mengerti. Orang tersebut akan semakin memahami apa yang dibacanya ketika dia bertanya dengan orang yang ahlinya. Orang yang betul-betul memahami tentang hal itu. Maka tidak ada kata tersesat di tengah jalan. Allah Maha Tahu apa yang dimiliki hambanya. Teruslah membaca agar diri semakin tahu dan pintar. Dengan membaca diri ini telah melaksanakan perintah Allah yang pertama kali diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Jangan pernah bosan untuk terus membaca dan bertanya dengan orang yang ahli dibidangnya. Dengan membaca akan membuat diri ini makin tahu, mengerti dan paham akan hal tersebut. Dengan Membaca Bisa Membuat Otak Tambah Pintar






Artikel ini ditulis oleh :
Nur Hazanah seorang alumni 
Universitas Muslim Indonesia tahun 2018, 
alumni nulisyuk.