Syakir Daulay Suku Apa

syakirdaulay.com - Banyak nama yang menggunakan Daulay di belakangnya. Apa sih Daulay itu? Apakah Daulay itu Marga? Apakah Daulay itu nama suku? Daulay itu adalah salah satu marga untuk suku Mandailing yang ada di Tapanuli Selatan. Kakek Syakir Daulay yang bernama Ahmad Bin H. Abu Bakar Daulay berasal dari suku Tapanuli Selatan dan merantau ke Aceh lalu menikah dengan wanita suku Aceh yang bernama Ruhani Utoh Gam (Nenek Syakir Daulay). 

Syakir Daulay Suku Apa
Syakir Daulay bersama Ayahnya M. Hasan Daulay

Semua anak kakek lahir di Bireuen (Aceh) termasuk M. Hasan Daulay, Ayah dari pada Syakir Daulay. Karena semua anak-anak lahir dan besar di Aceh, maka anak-anak hanya bisa bahasa Aceh dan tidak bisa Bahasa Mandailing.
Kakek Syakir Daulay lahir di Pasar Maga Kotanopan Tapanuli Selatan tahun 1918. Ayahnya Kakek pernah tinggal di Ulu Pungkut Hutapadang dan ketika sudah dewasa pindah ke Pasar Maga, Kotanopan, kemudian Ayahnya Kakek menikah dengan. wanita dari marga Nasution (Ibunya Kakek).  

Kakek Syakir Daulay merantau sejak usia 17 tahun ke berbagai kota antara lain, Kota Medan, Binjai, Jakarta, Banda Aceh dan terakhir sampai ke Kota Bireuen 1944, setahun sebelum kemerdekaan. Beliau berjualan di Pusat Kota Bireuen dan menikah dengan wanita Aceh kelahiran Sigli, Aceh Pidie serta menetap di Kota Bireuen. Kakek Syakir Daulay mempunyai anak 9 orang, 7 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. 
Sejak merantau hanya sekali pulang ke kampung halamannya yaitu tanggal 23 September 1989 setelah 54 tahun meninggalkan kampung halamannya. Usia Kakek Syakir Daulay saat pulang ke kampung halamannya 71 tahun. Sesampainya di kampung halaman hampir semua warga tidak mengenalnya. Akhirnya Kakek menceritakan siapa dirinya dan orang tua serta sanak famili yang masih diingatnya walaupun yang bersangkutan sudah meninggal. Kakek Syakir Daulay meninggal di Bireuen tahun 1994 dalam usia 76 tahun.

Alhamdulillah ada beberapa orang tua yang sudah sepuh dan dihormati di desanya yang masih ingat dan membenarkannya. Akhirnya semua warga menerima dan mereka baru tahu bahwa Kakek Syakir Daulay adalah saudara mereka. 

Jadi kalau ada pertanyaan Syakir Daulay suku apa, maka jawaban yang benar adalah dari pihak Ayah suku Mandailing dan dari pihak Ibu suku Aceh. Syakir Daulay beserta abang dan kakaknya semuanya lahir  dan besar di Bireuen karena Ayahnya Syakir Daulay lahir dan besar di Bireuen juga. 




                   Syakir Daulay Hidup Bersama Orang Tua Asuh Pertama

                   Syakir Daulay Hidup Bersama Orang Tua Asuh Kedua