Mau Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah


syakirdaulay.com - Assalamualaikum sahabat Jannah, Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan bersyukur? Bersyukur adalah ucapan terima kasih kita kepada Allah, ucapan rasa cukup atas nikmat yang diberikan oleh Allah kepada hambanya. Bagaimana cara kita untuk membalas nikmat yang diberikan oleh Allah, yaitu dengan cara sholat, shodaqoh, berdo'a dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali manusia yang hidupnya dihantui rasa kufur, karena apa? Karena dia hidupnya tidak pernah bersyukur dan tidak pernah merasa cukup (puas) atas nikmat dan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Apabila kita hidup dibarengi dengan rasa kufur nikmat maka hidup kita tidak akan pernah bahagia dan cukup, akan tetapi hidup kita akan terasa  gelisah dan selalu merasa kurang karena kita tidak pernah merasa berterima kasih kepada Allah SWT.

Bersyukur bukan hanya saja merasa cukup tetapi bersyukur juga dapat diartikan menerima dengan lapang dada atas rezeki yang diberikan kepada Allah.

Mau Selalu Bersyukur Atas Nikmat Allah


Contohnya,  apabila kita diberikan uang jajan oleh orang tua kita 20 ribu untuk sekolah,  tetapi kita bilang "mah uang segini tidak cukup". Nah inilah yang dimaksud dengan kufur nikmat. 

Teman-teman yang Insya Allah dirahmati oleh Allah SWT. Mari kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Apabila kita bersyukur maka Allah SWT akan terus menambah nikmat (rezeki) untuk kita. Apakah kalian mau jika Allah terus menerus memberikan rezeki yang berlimpah?  Tentunya kamu mau, nah jika kamu mau mari kita terus-menerus bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Allah berfirman : 

"Dan sesungguhnya tuhanmu telah memaklumkan,"Apabila kamu bersyukur maka akan aku tambah nikmat kepadamu, terapi jika kamu mengingkari sungguh azabku sangatlah pedih" (Surah Ibrahim Ayat 7)

Dan dari ayat tersebut sudah dijelaskan tentang bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu mari kita bersama-sama mengucapkan Alhamdulillah kepada Allah yang telah memberi kita nikmat yang banyak. 

Nikmat itu bukan saja berupa rezeki tetapi nikmat juga bisa berupa nafas, sehat jasmani dan rohani, serta panjang umur. Dengan mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah maka hidup kita menjadi berkah (bagi orang yang selalu merasa bersyukur), tetapi bagi orang yang selalu merasa kurang, nikmat sebanyak apapun yang Allah berikan dia tidak akan pernah cukup.

Terima kasih kepada semua yang telah membaca artikel ini, apabila  ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan ini mohon dimaafkan 🙏🙏.




Salam hangat untuk kalian semua
Instagram : @itsauliaaa_26.