Yuk Baca Al-Qur'an. Inilah Keutamaan dan Manfaat Membaca Al-Qur'an


syakirdaulay.com - Bismillah, Kitab suci Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Beriman kepada Al-Qur’an termasuk Rukun Iman ketiga. Sebagai seorang Muslim dan Muslimah, kita berkewajiban untuk percaya sekaligus mempelajari, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam perilaku kehidupan sehari-hari.

Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan pahala dari Allah SWT sekaligus merupakan ibadah bagi dirinya. Oleh sebab itu, setiap umat manusia yang mengaku dirinya sebagai seorang umat muslim harus mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Jika tidak, maka ia akan berdosa.

Karena bagaimana mungkin jika kita ingin mengamalkan Al-Qur’an, tetapi kita tidak membaca dan memahaminya. Mengamalkan Al-Qur’an merupakan suatu kewajiban bagi setiap umat muslim, bahkan menjadi syarat utama untuk menjadi seseorang yang beriman. Bahkan Allah SWT beserta Rasul-Nya telah memerintahkan kita untuk mengamalkan ajaran Al-Qur’an yang dibaca, agar kita selamat di dunia maupun di akhirat kelak.

Namun masih disayangkan, selama ini masih ada saja umat islam yang meninggalkan ataupun mengabaikan Al-Qur’an. Al-Qur’an sama sekali tidak mendapat perhatian dan tidak dibaca untuk diamalkan sebagaimana mereka sibuk dengan bacaan mereka yang lain selain daripada Al-Qur’an. 

Bayangkan saja, kita bisa menghabiskan waktu dengan membaca Majalah, Komik, Novel, dan lain sebagainya. Tetapi untuk membaca Al-Qur’an kita belum mampu menyisihkan waktu. 

Kita mampu membaca setengah atau sepertiga halaman dari komik yang kita baca selama waktu beberapa jam, tetapi ketika giliran membaca Al-Qur’an setengah halaman saja kita tidak mampu membacanya dalam waktu yang sama. 

Bahkan yang ironisnya kita mampu  menyelesaikan bacaan Novel yang tebalnya kurang lebih sama dengan Al-Qur’an dengan kurun waktu 1 minggu, masa ketika giliran untuk mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an dalam kurun waktu 1 bulan kita masih belum mampu. 

Sadarlah bahwa iman kita sedang di uji oleh Allah SWT, jangan sampai iman kita menjadi lemah karena kondisi seperti ini yang telah saya gambarkan diatas.

Bandingkan saja ni teman-teman sekalian, antara kehidupan kita saat ini dengan kehidupan orang-orang shaleh. Mereka menjadikan kitab suci Al-Qur’an sebagai buku bacaan mereka sehari-hari. Bahkan mereka pun tidak pernah merasa bosan dan cepat merasa puas dengan membaca Al-Qur’an. Karena, dengan membaca Al-Qur’an, maka akan mendapatkan banyak kebaikan.

Dalam membaca Al-Qur’an sungguh banyak sekali keutamaan dan juga manfaat yang dapat diperoleh bagi orang-orang yang membacanya. Bahkan keutamaan dan manfaat tersebut tidak dapat diperoleh dalam bacaan seperti Majalah, Komik, maupun Novel. Nahh teman-teman sekalian mau tahu apa saja keutamaan dan manfaat bagi orang yang membaca Al-Qur’an? Yukk mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

Yuk Baca Al-Qur'an. Inilah Keutamaan dan Manfaat Membaca Al-Qur'an


1. Bagi orang yang membaca Al-Qur’an, ia akan mendapatkan pertolongan (Syafaat) di hari kiamat nanti. Tentu bukan hanya untuk dibaca saja, tetapi juga untuk diamalkan. Karena sejatinya, tanpa membaca Al-Qur’an kita tidak mungkin dapat mengamalkannya. Selain Rasulullah SAW, tidak ada seorang pun yang dapat menolong kita di hari kiamat nanti, kecuali Al-Qur’an yang kita baca selama hidup di dunia.

2. Orang yang terbaik diantara manusia lainnya adalah ia yang mau belajar dan mengajarkan Al-Qur’an, Rasulullah SAW bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan yang mengajarkannya.” (H.R. Bukhari). Oleh sebab itu, orang yang terbaik di dunia ini bukan dilihat dari seberapa banyak harta yang dimiliki dan bukan juga dilihat dari jabatan maupun pangkat tertinggi yang ia peroleh. Akan tetapi, di sisi Allah SWT yang dimaksud orang terbaik itu adalah dia yang mau mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya untuk orang lain.

3. Bagi orang yang pandai membaca Al-Qur’an akan disediakan tempat yang terindah di Surga bersama dengan para malaikat-Nya. Sedangkan, bagi orang yang membacanya masih terbata-bata (belum pandai). Maka dia akan mendapatkan 2 pahala, yang pertama adalah pahala dimana dia mau belajar untuk membaca Al-Qur’an dan yang kedua adalah pahala dimana dia bersungguh-sungguh dalam membacanya. Pernyataan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Saw melalui sumber (H.R. Bukhari & Muslim).

4. Bagi orang yang membaca maupun yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an akan mendapatkan rahmat, doa malaikat, dan pujian dari Allah SWT. Rasulullah Saw bersabda : “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah (Al-Qur’an) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka di hadapan para Malaikat yang ada di sisi-Nya.” (H.R. Muslim). 

Tentu saja, dengan membaca dan mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an dapat menghibur perasaan sedih yang kita rasakan, menenangkan jiwa yang sedang gelisah, melunakkan hati yang keras, dan mendapatkan suatu petunjuk dari Allah SWT. Oleh sebab itu, suatu ketenangan tidaklah didapatkan melalui seberapa banyak harta yang dimiliki dan seberapa tinggi jabatan maupun pangkat yang kita dapatkan. Namun didapatkan dari sejauh mana interaksi kita dengan Al-Qur’an.

5. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam ayat Al-Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan itu akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf.” (H.R. At-Tirmizi). Coba teman-teman bayangin membaca “alif lam mim shad” saja kita sudah mendapatkan pahala sebanyak 40 kebaikan, lalu bagaimana dengan kita yang membaca semua huruf ayat-ayat dalam satu halaman di Al-Qur’an ? Tentu pahalanya sangat banyak, bahkan kita sendiri aja tidak dapat menghitungnya.

Jadi teman-teman dan netizen-netizen sekalian yang Insya Allah dimuliakan oleh Allah SWT, Inilah beberapa keutamaan dan manfaat bagi orang yang belajar dan membaca Al-Qur’an. Semoga artikel saya pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat sekaligus bisa memotivasi teman-teman untuk mau belajar dan membaca Al-Qur’an. Apalagi di bulan Ramadhan ini adalah bulan dimana diturunkannya Al-Qur’an. Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan berlomba-lomba melakukan amal kebaikan dan juga amal ibadah khususnya membaca Al-Qur’an. Karena keutamaan-keutamaan tersebut tidak dapat dimiliki oleh bacaan-bacaan lainnya selain Al-Qur'an. 

Seperti biasa, sebelum saya mengakhiri penulisan artikel pada kesempatan kali ini. Saya punya pantun ni untuk teman-teman sekalian :

“Bunga mawar harum baunya
Termasuk pula bunga melati
Membaca Qur’an dan maknanya
Salah satu obat sembuhkan hati”

Sekian artikel dari saya pada kesempatan kali ini, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



                   Kita Terbawa Perasaan? Boleh Nggak Ya? 

                   Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?

Artikel ini ditulis oleh :
Muszalifah Balqis