Abaikan saja Mereka yang Membenci dan Memandangmu Buruk


syakirdaulay.com - Jika ada orang yang membencimu atau tidak suka denganmu, jangan kamu balas lagi dengan kebencian, dan apalagi sampai mempunyai rasa dendam karena kamu merasa sakit hati. Ingatlah kisah Baginda Nabi SAW., meskipun beliau banyak yang membenci, mencaci, menghina, dan banyak yang tidak suka pada beliau, tapi beliau tetap sabar dan ikhlas menerimanya. 

Beliau tidak pernah sedikitpun mempunyai rasa dendam dan membalas kebencian mereka dengan kebencian lagi. Tapi sebaliknya, beliau SAW. akan membalas kebencian, cacian, dan hinaan mereka dengan kasih sayang dan doa yang baik untuk mereka. 

Ketika Baginda RAsul SAW. mendapatkan cacian, hinaan, dan kebencian dari orang-orang di sekitarnya, beliau selalu berdoa kepada Allah SWT. Lantas apa doa yang beliau panjatkan untuk mereka? Keburukankah? Tidak! Justru beliau berdoa agar kelak Allah SWT. berkenan untuk memberikan hidayah dan taufiq-Nya kepada mereka, serta membukakan pintu hati mereka yang dipenuhi kebencian itu.

Abaikan saja Mereka yang Membenci dan Memandangmu Buruk


Kita sebagai umatnya, harus bisa mencontoh beliau ketika kita dihadapkan dalam kondisi sebagaimana yang telah dialami oleh Rasululloh SAW. Ketika kita dibenci dan dijauhi oleh orang-orang di sekitar kita, jangan kita balas membenci mereka. Tetaplah berbuat baik dan mendoakan yang terbaik buat mereka. 

Kita harus tahu, bahwa manusia itu tempatnya salah. Tidak ada satu pun orang yang terlepas dan terbebas dari berbuat salah dan dosa. Tak terkecuali orang-orang yang telah Allah pilihkan untuk menjadi sebenar-benar hamba-Nya yang taat dan patuh pada perintah dan larangan-Nya. Intinya, tidak ada manusia yang sempurna, yang terus ada dalam kebaikan. Pasti semua orang pernah berbuat kesalahan, meskipun di masa depannya, di masa sekarangnya sudah menjadi orang yang baik. 

Maka dari itu, belajarlah untuk memaafkan, dan berusaha untuk tidak menyimpan dendam dalam hati. Jangan karena seseorang berbuat satu kesalahan, kita lupa akan kebaikan-kebaikannya, dan membencinya sampai berlarut-larut. Ingatlah, kalau sudah lebih dari 3 hari kita tidak bertegur sapa dan terus menanamkan kebencian, maka Allah tidak alan mengampuni dan memaafkan dosa kita. Na'uudzubillaahi min dzaalik. Maka dari itu janganlah kita menaruh kebencian kepada sseorang hingga berlarut-larut, karena tidak baik juga akibatnya buat kita, dan malah akan mndatangkan mudharat.

Saudara saudariku, janganlah kalian bersikap sombong, sehingga enggan untuk memaafkan kesalahan saudaramu. Allah saja yang Maha Tinggi, Maha Berkuasa, dan Maha segala-galanya, mau memaafkan dan menerima taubat hamba-Nya yang telah berbuat ma'siat dan berdosa kepada-Nya. Meskipun dosanya sampai mmenuhi langit dan bumi. Kita, makhluq-Nya, dan hanya sebatas manusia biasa yang hina dan tidak ada apanya, pantaskah kita untuk tidak memberi maaf? Apa yang patut kita sombongkan? Tidak ada. Tidak ada wahai saudara saudariku.

Saudara saudariku, jika ada yang membencimu dan menjauhimu, janganlah kalian merasa sedih dan merasa kalian tidak punya siapa-siapa. Ingatlah! Kalian, kita masih punya Allah yang selalu ada dan selalu bersama kita. Karena Allah Maha Pemaaf, Adil, Maha Penyayang. Jika Allah sudah sayang sama kita, meskipun kita tidak mmpunyai teman, maka Insyaa Allah, Allah akan menghadirkan teman-teman, sahabat-sahabat yang baik yang mau menerima semua kekurangan dan kelebihanmu. Dan mau menasihatimu dan menegurmu dengan kelemah lembutan hatinya ketika kamu melakukan kesalahan. 

Allah Maha Baik, maka berdoalah dan bermohonlah kepada-Nya jika kamu sdang dilanda kesedihan. Mendekatlah, dan berdoalah kepada-Nya, mohon diberikan petunjuk dan jalan keluar atas setiap kesedihan dan permasalahan yang menimpamu. šŸ˜Š

Terakhir dariku..Untukmu yang memandangku buruk, jika yang kamu katakan benar, semoga Allah mengampunikušŸ™šŸ˜Šdan jika yang kamu katakan salah, semoga Allah mengampunimušŸ˜Š
Aku, tak sebaik apa yang kau duga, tak seburuk apa yang kau kira, dan tak baik juga kau terus berburuk sangkašŸ˜Š Aku memang bukan orang yang paling baik di antara orang baikšŸ˜Štetapi aku juga bukan orang yang paling buruk di antara orang yang burukšŸ˜Š



                   Aku ini Pejuang Hirah

Artikel ini ditulis oleh
Teti