-->

Pasti Allah Beri Jalan, Maka Bersungguh-sungguhlah. Man Jadda Wajada

syakirdaulay.com- Setiap orang pasti berharap semua keinginan dan tujuan Hidupnya tercapai. Entah itu dengan cara Halal maupun Haram. Apabila nafsunya jelek, maka timbul kesan dalam berbuat kejelekan pasti ditutup-tutupi secara Halal. Yang penting bisa tercapai apa yang mereka inginkan.


Bersungguh-sungguh adalah semangat mengalahkan segala apa yang inginkan bisa tercapai, asalkan segala bisa memenuhi sebuah kebutuhan hidup dan inginan. Karena keinginan dasarnya dari sebuah Nafsu dan Niat.




Arti "MAN JADDA WAJADA" secara tidak langsung mengandung makna bahwa orang yang tidak bersungguh-sungguh dalam berusaha, pasti tidak akan pernah mendapatkan apa-apa.


Berdoa kepada Allah pun demikian, diperlukan suatu usaha yang bersungguh-sungguh. Karena meminta bukan hanya menunggu dan menunggu suatu pemberian. Tetapi harus mencari dan bertanya.



Pasti Allah Beri Jalan, Maka Bersungguh-sungguhlah. Man Jadda Wajada



Allah SWT berfirman dalam QS. Al - Ankabut 69 : Dan apabila mereka berjuang di jalan yang kami ridhai, pasti akan Kami tunjukkan jalan. Dan sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang berbuat baik. .


Maka Bersungguh-sungguhlah, Pasti Allah Beri Jalan, Man Jadda Wajada
  

Jika seseorang berjuang keras dalam berikhitiar tetapi masih belum menemukan keberhasilan, maka ada beberapa hal yang patut dipertanyakan. Bisa saja kesungguhan orang tersebut dalam berikhtiar tidak diridhai Allah SWT. Atau memang Allah menunda untuk sementara waktu.


Allah SWT tidak menyia-nyiakan usaha hambanya yang sungguh-sungguh. Manusia akan memperoleh setiap balasan dari setiap upaya yang kita lakukan. Sekecil apapun yang dapat kita terima pasti kita selalu bersyukur atas segala pemberiannya.


Bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahaknnya dan kelak akan diperlihatkaNYa. (QS. an - Najm 39-40)


Apabila Kami telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepadaNya. (QS. Ali Imran 159)


Semoga sahabatku semua senantiasa mendapatkan limpahan berkah dalam kehidupan dan selalu taat kepada agama Allah SWT