Jalan Sultan Agung Pusat Kota Jember Amblas Dikikis Banjir


syakirdaulay.com - Hujan deras mengguyur sebagian besar Jember beberapa hari terakhir ini terutama curah hujan yang yang tinggi tanggal 29 Februari 2020 dan akibatnya membuat retakan dan penurunan tanah di bantaran aliran sungai Kalijimpo ikut tergerus dan hari Senin 2 Maret 2020 sekitar subuh hari, ruas jalan di pusat perekonomian kota Jember amblas dan beberapa unit bangunan toko ikut roboh.

Jalan Sultan Agung Pusat Kota Jember Amblas Dikikis Banjir

Jalan yang amblas sepanjang 45 meter itu merupakan jalan nasional terletak di pertigaan Jalan Sultan Agung dan Jalan Samanhudi terus memanjang ke arah barat. Lebar jalan yang amblas sekitar 5 meter atau dua jalur jalan dan berada di atas sungai Kalijompo.

Jalan Sultan Agung Pusat Kota Jember Amblas Dikikis Banjir


Amblasnya bangunan toko diduga karena pondasinya terkikis aliran sungai akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jember. Dan bangunan toko yang amblas adalah bangunan lama yang memang sudah dikosongkan sebelumnya oleh pemiliknya dan terlihat seperti tidak digunakan lagi sehingga saat bangunan roboh dengan tiba-tiba tidak mengakibatkan korban jiwa. 

Bupati Jember, Faida dalam rapatnya dengan Forpimda Jember telah menetapkan status kebencanaan atas peristiwa amblasnya jalan yang mengambrukkan sedikitnya 9 bangunan toko. Setelah memantau beberapa bangunan toko yang rawan roboh, lalu mengadakan rapat dengan para pemilik toko untuk langkah evakuasi dan pengosongan karena bangunan akan dirobohkan ke arah depan dan jalan akan ditutup untuk sementara. 

Jalan Sultan Agung Pusat Kota Jember Amblas Dikikis Banjir

Sejak hari Senin  tanggal 2 Maret 2020 seusai rapat Bupati telah  memerintahkan Dinas  terkait untuk menurunkan alat berat ke lokasi amblasnya jalan dan bangunan yang roboh. Semoga saja penanganan jalan yang amblas ini cepat selesai pengerjaannya agar ruas jalan ini kembali normal seperti biasanya.


Sumber bacaan :
1. https://surabaya.liputan6.com/read/4192025/ruko-ambruk-pasca-jalan-ambles-di-jember-ini-langkah-polda-jatim
2. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4921751/jember-tetapkan-status-kebencanaan-jalan-amblas-yang-ambrukkan-9-ruko
3. https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/02/penyebab-jalan-nasional-di-jember-ambles-10-ruko-runtuh-diduga-karena-terkikis-berikut-4-faktanya
4. Video Youtube News Update