Syakir Daulay Lagu Ya Robbi (Ampuni Aku) dan Makna Tersirat


Alhamdulillah atas izin Allah memberikan kesehatan kepada Syakir Daulay dan Rombongan Habib Hasan bin Jafar Assegaf Nurul Musthofa Jakarta untuk melakukan Ziarah ke Makam Aulia. Rombongan berangkat tanggal 22 Februari 2020 dan kembali tangal 3 Maret 2020.

Selama perjalanan ke Mesir, Yaman dan Oman banyak hal yang dilakukan dari mulai berziarah di Makam Cucu Sayyidina Husen, Makam Ayah Nabi Musa hingga Makam para Aulia dan Guru para Habaib. 

Syakir Daulay selama berada disana selalu mengikuti rombongan dan bertemu juga dengan Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz. Semua itu memberikan kesan yang sangat mendalam apalagi melihat langsung tempat belajar putra kandung Habib Hasan bin Jafar Assegaf di Hadramout Yaman. Santri-santrinya masih kecil dan sanggup berpisah dengan orang tuanya demi untuk mencari ilmu. 

Syakir Daulay Lagu Ya Robbi (Ampuni Aku) dan Makna Tersirat
Lihat Videonya Ya Robbi (Ampuni Aku)

Syakir Daulay saat itu juga merasa dirinya tidak ada apa-apanya, merasa hina dihadapan Allah. Sebab Syakir yang masih remaja ini juga masih banyak khilafnya baik yang disengaja maupun tidak. Syakir belum mampu berbuat banyak baik untuk meningkatkan syiar agama, berbuat baik untuk kedua orang tua, saudara kandung, guru dan dan orang-orang yang pernah membantu syakir serta untuk umat Islam. 

Syakir Daulay bukanlah manusia yang luput dari dosa. Sebagai sesama hamba nasehat menasehati adalah kewajiban yang dipundakkan ke setiap hambanya. Karena  perjalanan wisata rohani baru-baru ini sangat berkesan bagi Syakir dan Syakir juga ingin memberikan kesan yang mendalam atau oleh-oleh kepada anak muda.  

Lagu ini adalah salah satu bentuk nasehat Syakir untuk anak muda. Sebab anak muda dan kita semua tidak lepas dari salah dan dosa. Anak muda harus merasa menyesal jika selama ini banyak meninggalkan apa yang disuruh Allah dan mengerjakan apa yang dilarang Allah. Jadilah anak muda yang cinta Allah dan Nabi karena dengan cinta itu, kita akan meninggalkan apa yang dilarang Allah dan mengerjakan apa yang diperintah Allah.

Lagu ini juga menggambarkan akan penyesalan dosa dan bermohon kepada Allah supaya dijauhkan dari larangannya dan dicondongkan hatinya buat beribadah kepada Allah sebelum Allah memanggil kembali kepadaNya. 

Sadarlah wahai anak muda dan kita semua bahwa hidup ini hanya sementara. Kita akan kembali menghadap Allah. Tanyakanlah apa yang sudah kita persiapkan untuk kembali ke alam yang kekal untuk selama-lamanya. Kita akan meninggalkan semuua yang kita cintai, harta yang kita miliki, tinggallah nama dan cerita tentang diri kita yang akan dibicarakan oleh orang yang masih hidup. Syukurlah jika diceritakan hal yang baik tentang diri kita, bagaimana jika sebaliknyya.  Yang kita bawa sebagai bekal adalah amal ibadah kita. Itulah yang akan menyelamatkan kita, itulah yang akan membuat kita bahagia. 

Menyesallah atas semua dosa yang pernah kita lakukan dan bertaubatlah dari segala perbuatan yang tidak baik, dari segala larangan Allah dan mohon ampunlah kepada Allah. Allah Maha Pengampun atas segala dosa-dosa hambanya.

Mari kita lihat lirik lagu dan hayati maknanya :

Syakir Daulay Makna Tersirat Lagu Ya Robbi (Ampuni Aku)


Ya Robbi (Ampuni Aku)

Telah kusadari
Dalam hidup ini
Hanyalah sebuah mimpi
Indahnya dunia
Tinggallah cerita
Tersisalah sebuah nama

Hidup di dunia
Hanya sementara
Tak mungkin bisa selamanya
Tangis dan sesal
Tiada arti
Ampuni aku Ya Robbi

Kumohon padamu ya Rabbi
Tenangkanlah jiwaku ini
Kusesali semua ya Robbi
Akan dosa di diri ini

Jauhkanlah aku
Dari laranganmu
Sebelum ku menghadapmu Ya Robbi
Sadarkanlah aku dari khilafanku
Sebelum kau memanggilku Ya Robbi
Yaaa Rabbiiiiii

Reff :
Hidup di dunia
Hanya sementara
Tak mungkin bisa selamanya
Tangis dan sesal
Tiada arti


Ampuni aku Ya Robbi

Judul              : Ya Robbi ( Ampuni Aku )
Penyanyi       : Syakir Daulay
Penulis lagu  : Idris & Suhendri