Berbuat Baiklah Kapan Saja, Dimana Saja dan Kepada Siapa Saja.



syakirdaulay.com - Gimana nih kabarnya temen-temen semuanya? Semoga kalian selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT dimanapun kalian berada ya, Aamiin. 

Temen temen semuanya sudahkah kalian berbuat baik hari ini? Jika belum, yuk segera selalu menebar kebaikan di mana pun kalian berada ya. Karena, Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat kebaikan. 

Kebaikan itu bisa dilakukan oleh siapa saja lo tanpa memandang orang itu bagaimana terhadap kita. Dan kebaikan terbesar adalah berbuat baik kepada orang yang telah berbuat buruk kepada kita baik itu dengan ucapan atau perbuatannya.

Allah SWT berfirman:

اعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya:
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Berbuat baiklah kepada Ayah dan Bunda, saudara dari Ayah dan Bunda, anak yatim, fakir miskin, tetangga baik yang dekat maupun yang jauh serta teman-teman, ibnu sabil dan budak. Allah tidak suka kepada hamba yang sombong dan membangga-banggakan diri.

Berbuat Baiklah Kapan Saja, Dimana Saja dan Kepada Siapa Saja.

Kalian tau gak sih, kalau berbuat kebaikan itu ada hikmahnya, yaitu: kita akan mendapatkan balasan kebaikan juga lo dari apa yang telah kita buat. Contohnya saja jika kita berbuat baik kepada teman kita dan kita menolongnya, maka ketika kita berada dalam keadaan kesulitan pun maka sudah pasti teman kita akan membantu kita.

Apalagi jika kita berbuat baik kepada Allah, seperti selalu melakukan ibadah shalat baik itu shalat wajib ataupun sunnah, selalu berdzikir, selalu berpuasa, dan menjauhi segala yang dilarang dengan penuh ikhlas karena Allah maka sudah dipastikan balasannya adalah Surga.

Ada beberapa cara untuk selalu berbuat kebaikan terhadap orang lain:

1. Senyum
Tersenyum lah jika bertemu dengan seseorang, dengan tersenyum tersebut dapat menunjukkan kalau kamu berkepribadian ramah terhadap orang lain. Tetaplah tersenyum walaupun kamu merasa sedih. Tapi jangan senyum seyum sendiri ya hehe, nanti disangka orang gila lagi wkwkw.

2. Sapa
Jika bertemu dengan seseorang hendaklah kamu menyapa orang tersebut, baik yang sudah kamu kenal ataupun tidak.

Itu tadi beberapa cara dan hikmah dari berbuat kebaikan. Ayo, mulai dari sekarang segera berbuatlah kebaikan dengan penuh ikhlas tanpa mengaharapkan imbalan dari orang lain, dan janganlah kalian  sampai menunda nunda untuk selalu berbuat baik terhadap orang lain. Itu saja yang dapat saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam menulis artikel ini saya mohon maaf. 

Artikel ini ditulis oleh :
@dinanuriavani01