Ini Dia Lima Tips Mudah Untuk Mulai Berhijab



syakirdaulay.com - Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Sahabat jannah yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berhijab adalah suatu kewajiban bagi wanita muslimah. Di artikel kali ini aku ingin membahas tips mudah untuk mulai berhijab agar kamu semakin yakin dan insyaallah selalu istiqomah dalam berhijab. Yuk intip lima tips Mudah untuk mulai berhijab dibawah ini:



Ini Dia Lima Tips Mudah Untuk Mulai Berhijab



1. Kuatkan niatmu untuk berhijab


Sebelum ingin melakukan sebuah amalan tentunya langkah awal yang harus dilakukan adalah niat. Tanpa adanya niat, amalan yang dilakukan tentunya akan sia-sia tanpa dihitung pahala. Sama halnya dengan berhijab. Kamu harus niat berhijab karena Allah Ta’ala bukan karena hal lain. Bukan karena ingin terlihat cantik, dipuji banyak orang atau menarik perhatian orang yang kamu suka. Niatkan hatimu untuk berhijab karena itu adalah sebuah kewajibanmu sebagai wanita muslimah.


Mantapkan hatimu dengan dimulai dari hal-hal yang kecil. Belajar merubah pakaianmu dari yang pendek menjadi panjang. Dan jika niatmu untuk berhijab sudah mulai muncul maka segerakanlah dan jangan menunda. Karena sedikit kamu menundanya maka keraguan akan muncul kembali didalam hatimu.




Jika kamu sudah ditahap berhijab. Istiqomahlah. Buatlah sebuah komitmen bahwa kamu akan terus mengenakannya tanpa lepas pasang lagi. Dan selalu ingatlah bahwa selangkah saja kamu keluar dari rumah tanpa menutup aurat, satu langkah pula ayahmu mendekat ke neraka.


2. Minta doa dan dukungan dari orang terdekat


Jika kamu sudah mempunyai niat untuk memulai berhijab langkah selanjutnya adalah meminta doa dan dukungan dari orang terdekatmu. Siapa saja? Mereka adalah orang tua, keluarga, dan sahabat-sahabatmu. Mintalah doa kepada mereka terutama orang tuamu agar niatmu untuk berhijab semakin mantap dan kamu bisa istiqomah. Dukungan dari orang-orang terdekat juga sangat berpengaruh untukmu. Semakin banyak yang mendukung keputusanmu semakin lancar pula kamu untuk melakukannya.


3. Pelajari Al-Qur’an dan buku-buku Islami


Cara selanjutnya agar hatimu semakin mantap untuk berhijab adalah baca dan pahami Al-Qur’an dan buku-buku Islam. Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam dan pedoman hidup yang menuntun manusia dari keburukan menuju kebaikan. Ada banyak penjelasan mengenai berhijab yang dijelaskan didalam Al-Qur’an dan buku-buku Islam. Kamu bisa mendapatkan buku-buku itu di toko buku agama atau toko buku online. Harapannya dengan mempelajari keislamaan dari Al-Qur’an dan buku Islam adalah untuk menambah ilmu agama.


4. Mengikuti majelis ilmu atau kajian islam


Selanjutnya, kamu juga bisa menambah pemahamanmu dengan mengikuti kajian islam yang biasa diadakan di masjid-masjid besar atau masjid sekitaran rumah. Selain di masjid, ada juga beberapa ulama yang membuka majelis ilmu dirumahnya. Selain mendatangi suatu tempat untuk ikut kajian islam kamu juga bisa mengikuti kajian secara online yang biasa diadakan oleh suatu komunitas di grup WhatsApp. Jika semua itu tidak ada, kamu bisa mengikuti kajian dengan cara lain. Bisa mendengarkan kajian lewat televisi dan/atau streaming youtube. Sekarang ini sudah banyak channel youtube yang kontennya berisi kajian. Dengan banyak mendengarkan kajian bisa menambah ilmu pengetahuan dan kemantapan hati untuk berhijab.


5. Bergaul dengan orang-orang yang Sholihah


Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW mengingatkan, “Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Seorang Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan seorang pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari 5534 dan Muslim 2628). Paling tidak ada dua kemungkinan jika bersahabat dengan teman yang baik, kita akan menjadi baik atau minimal kita mendapati kebaikan darinya.


Dan dalam perihal ini, agar kamu semakin yakin dan istiqomah dalam berhijab kamu bisa berteman dengan teman-temanmu yang berhijab pula agar kamu bisa terinspirasi darinya.


Nah, gimana? Mudahkan tipsnya. Kalau kamu sudah niat dengan sepenuh hati insyaallah semuanya akan berjalan lancar. Semoga aku, kamu, dan kita semua yang sedang dalam tahap berhijrah selalu istiqomah dalam menjalankannya dan mendapatkan keberkahan dan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Aamiin Ya Rabbal Alamin.


Baca juga : Setiap Pria Wanita Merindukan Pasangan Sholeh dan Sholehah

                   Kisah Wanita Paling Cantik dan Pemuda Yang Kuat Imannya

                   Cantiknya Seorang Wanita Karena Akhlaq

                   Apakah Hijrahmu Palsu?

                   Aku Hanyalah Wanita Akhir Zaman
                 



Salsa Rizkia seorang pelajar berusia 17 tahun yang baru saja menyelasaikan pendidikannya di salah satu sekolah SMK Negeri di kawasan Jakarta. Mulai hobi menulis sejak 6 tahun lalu dan menjadi alumni #nulisyuk.
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.