Lapan Cara Meningkatkan Kesabaran


syakirdaulay.com - Tahukah kalian bagaimana cara meningkatkan kesabaran yang ada dalam diri kita ini? Meningkatkan kesabaran dalam diri kita itu terkadang sangat sulit sekali. Oleh karena itu, penting rasanya bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kesabaran tersebut. 


Lapancara Meningkatkan Kesabaran


Ada lapancara meningkatkan kesabaran :


1. Belajar ikhlas

Ikhlas akan meningkatkan kualitas kesabaran kita agar menjadi lebih baik. Dengan kita mengikhlaskan sesuatu hal tersebut dapat membantu kita untuk selalu bersabar.


2. Belajar mengontrol emosi

Emosi itu singkatnya adalah perasaan. Ada perasaan marah, sedih, senang benci, bahagia, sabar, berang, jengkel, putus asa dan lain sebagainya. Kalau sudah datang perasaan tersebut di atas, tugas kita adalah mengontrol emosi itu agar tidak menjurus ke hal-hal yang tidak baik. Jika kita bisa mengontrolnya berarti kesabaran kita telah meningkat


3. Latih diri anda untuk selalu bersabar

Kesabaran itu butuh latihan, maka carilah kegiatan yang dapat melatih diri anda untuk selalu bersabar. Dengan melatih diri anda untuk bersabar maka akan membuat anda sebagai penyabar sejati.


4. Berteman dengan orang sholeh

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap perilaku seseorang. Salah satu sifat dari orang sholeh adalah penyabar. Bergaul dan berteman dengan orang sholeh dapat membuat sifatnya tersebut menular kepada kita salah satunya adalah sifat kesabaran. 


5. Selalu berpikir positif

Pikiran positif akan menghasilkan sikap yang optimis. Pikiran postif akan berpengaruh pada perilaku. Ketenangan hati, kesabaran bahkan  keberhasilan juga berawal dari adanya pikiran yang positif. Setelah mempunyai pikiran yang positif, lalu akan muncul sikap optimis sehingga tidak akan muncul pikiran yang melemah dan rasa putus asa.


6. Melihat ke bawah

Makna melihat ke bawah disini bahwa jika kita sedang susah, maka kita akan melihat orang lain lagi yang lebih susah dari pada kita, sehingga saat itu kita akan merasa bersyukur kepada Allah. 


7. Mencontoh orang sabar

Dengan mencontoh orang orang yang sabar dapat membuat kesabaran kita semakin bertambah.


8. Berdoa

Meminta kepada Allah untuk meningkatkan kesabaran dalam diri kita ini. Karena sesungguhnya kesabaran itu adalah anugerah dari Allah SWT. 


Itulah tadi lapancara untuk meningkatkan kesabaran dalam diri kita. Semoga kita semua di anugerahkan oleh Allah SWT sifat kesabaran yang sangat tinggi dan termasuk ke dalam golongan orang orang yang sholeh, Aamiin.






Artikel ini ditulis oleh :
@dinanuriavani01