Biodata Lengkap Cupink Topan Jago Ngaji Syuting Fatih di Kampung Jawara 4


syakirdaulay.com - Cupink Topan yang kita kenal memiliki nama asli yaitu Sofyan Alop. Ia merupakan putra kelahiran Ambon yang dibesarkan di Ternate, Maluku Utara. Sejak kita mengenalnya mungkin kita selalu melihat rambutnya yang ikal keriting dan diikat, juga wajahnya dipenuhi dengan brewok dan pakaiannyapun seadanya saja.

Biodata Lengkap Cupink Topan Jago Ngaji Syuting Fatih di Kampung Jawara 4
instagram.com/cupink_topan/

Penampilannya yang eksentrik dengan rambut gimbalnya, tentu sekilas kita tidak menyangka dia mempunyai suara yang merdu dan jago ngaji dalam melantunkan ayat suci Al Quran. Namun dengan Kuasa Allah, nama Cupink Topan menjadi terkenal dan viral serta diperbincangkan di dunia medsos baik di dalam maupun di luar negeri, ketika ia menjadi imam shalat membacakan Surah Jum’ah dengan fasih, tartil dan merdu sekali di Mushalla Hotel Bidakara. Saat diminta oleh jamaah untuk menjadi imam ia hanya memakai celana jeans kaos. Kebetulan saja ada yang merekam dan mengunggahnya ke facebook dan viral. Dia baru tahu video itu viral setelah diberitahu oleh teman-temannya. 

Biodata Lengkap Cupink Topan Jago Ngaji Syuting Fatih di Kampung Jawara 4
instagram.com/cupink_topan/

Sungguh penampilannya menipu kita semuanya. Banyak yang menyangka jika penampilan seperti itu dianggap sesuatu yang negatif dan dihindari berdekatan dengannya. Wajar memang karena orang hanya melihat fisiknya tanpa mengenalnya lebih jauh. Padahal setelah dikenal dan digali informasi darinya ternyata ia memiliki akhlaq dan kemampuan ngaji yang luar biasa. Orang yang baik bukan dilihat dari fisiknya tapi dari hatinya. Subhanallah. 

Sejak beredarnya video unggahan di atas, banyak media yang memberitakan tentang video viralnya itu. Nah baru kita semua terkesima melihat video viralnya itu. Tentu saja bisa jago mengaji dengan baik tidak diperolehnya dengan sim salabim. 

Ternyata Cupink Topan dibesarkan dalam keluarga yang kental agama dan sejak SD sudah belajar mengaji sampai SMK. Bapaknya seorang guru dan mendidiknya supaya disiplin. Karena bakat mengajinya sudah bagus, dia pun sering menjadi imam shalat di sekolahnya dan pernah juga mengikuti lomba membaca Al Quran.

Kemampuan membaca Alquran semakin dipelajari setelah menjadi Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Alaudddin Makasar, Sulawesi Selatan walaupun setelah itu berhenti kuliah karena sesuatu alasan. Meskipun telah berhenti kuliah, tetapi yang namanya belajar Al Quran, mencari guru yang bisa mengajarkan irama tilawah dan juga menghafal Al Quran tak pernah berhenti. Sejak itulah kebiasaan menjadi imam shalat sudah sering dilakukan hingga terakhir dia menjadi viral. 

Cupink Topan mengawali karirnya di dunia teater dan sering tampil dipanggung teater sejak menjadi mahasiswa. Dari sinilah ia belajar olah vokal, improvisasi, aksi, intonasi, reaksi dan juga teknik pernafasan. Setelah merasa memiliki ilmu yang cukup, awal tahun 2006 merantaulah ia ke kota besar Jakarta. 

Awalnya dia mengikuti lomba model dan bermain teater di kampusnya dan setelah hijrah ke Jakarta  tahun 2011 mendapat tawaran bermain di dunia peran. Ia mulai menjadi salah satu aktor film yang berjudul “The Raid Redemption”. Namun namanya tidak begitu dikenal dalam film laga tersebut.

Meskipun ia bermain di dunia entertainment, ia tak pernah meninggalkan shalat, sering mendatangi majelis ilmu dan selalu menggunakan waktu senggangnya untuk belajar ngaji Al Quran, termasuk belajar dengan melihat video youtube imam/syeikh dari Timur Tengah dan juga youtube qori internasional. Alhamdulillah Allah menampakkan Kuasanya dan mengangkat derajatnya karena kemampuan baca Alquran yang baik dan benar. Video unggahan yang disebutkan diatas telah membuat nama Cupink Topan dikenal luas oleh netizen.  

Lalu mengapa Cupink Topan tidak memangkas rambutnya saja? Cupink Topan harus mempertahankan ciri khas penampilannya seperti sekarang ini  karena tuntutan profesi di dunia peran. Tawaran demi tawaran untuk syuting terus menghampirinya sehingga belum bisa memangkas rambutnya.

Syakir Daulay, Cupink Topan dan Bahanan pernah diundang TransTV setelah videonya viral dalam acara Islam Itu Indah untuk membacakan Surah Ar Rahman secara bergantian dan diupload di IG Cupink Topan tanggal 17 Agustus 2017

Biodata Lengkap Cupink Topan Jago Ngaji Syuting Fatih di Kampung Jawara 4
instagram.com/cupink_topan/p/BX4W8L5ACSR/

Tanggal 27 Februari Pihak MNCTV memasukkan lagi pemain baru yang sangat berkualitas di bidang ilmu beladiri dan mengaji. Siapakah dia? Dia adalah Cupink Topan yang berambut gimbal. Apakah dia akan menjadi musuh Fatih Kampung Jawara juga atau bagaimana. Ikuti kelanjutannya hanya di MNCTV setiap hari pukul 19.00 WIB

Biodata Lengkap Cupink Topan Jago Ngaji Syuting Fatih di Kampung Jawara 4
instagram.com/cupink_topan/

Biodata Lengkap :

Nama : Sofyan Alop
Nama Populer : Cupink Topan
Tempat lahir : Ambon
Tangal lahir    : 9 Desember 1982
Status : Belum Menikah
Hobby : Bersepeda
Alumni : SMK Tidore Jurusan Akuntansi
Youtube         : cupink_topan

Film :

1. The Raid Redemption (2011)


Sumber bacaan :
1. https://biografi-tokoh-ternama.blogspot.com/2017/07/profil-cupink-topan-aktor-film-laga-berambut-gimbal-yang-fasih-membaca-al-quran.html

2. http://www.jawapos.com/read/2017/07/30/147557/viral-usai-jadi-imam-salat-ini-perjalanan-karier-aktor-sofyan-alop