Yuk Kita Lakukan Lima Amalan Sebelum Tidur


syakirdaulay.com - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Sahabat jannah yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Waktu dimalam hari adalah waktu dimana kita harus beristirahat setelah seharian beraktifitas agar kondisi tubuh kita bisa kembali sehat dan fit untuk kembali beraktifitas di keesokan harinya. Walaupun cuma sekedar tertidur. 


Tahukah kamu bahwa sebelum tidur pun ada beberapa pahala yang bisa kita lakukan. Di artikel kali ini aku ingin membahas lima amalan yang harus dilakukan sebelum tertidur seperti yang pernah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasasallam katakan kepada Ali Radhiallahu Anhu. Dari pada penasaran, yuk simak penjelasan dibawah ini:


Suatu hari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasasallam pernah bersabda kepada Ali Radhiallahu Anhu. “Wahai Ali, lakukanlah lima amalan  ini sebelum kamu tidur.”.


Yuk Kita Lakukan Lima Amalam Sebelum Tidur


Pertama  :  Berikan sedekah 4000 dinar, kemudian tidurlah
Kedua     :  Khatamkanlah Al-Qur’an, lalu tidurlah
Ketiga     :  Belilah Surga, lalu tidurlah
Keempat :  Perbaiki hubungan dua orang yang tengah berselisih, kemudian kamu tidurlah
Kelima    :  Tunaikan satu kali Haji, lalu tidurlah


"Ya Rasululllah mana mungkin bisa aku lakukan semua itu?” jawab Sahabat Ali Radhiallahu Anhu.


Lalu Nabi Shallallahu Alaihi Wasasallam pun memberi penjelasan :

Pertama  : 4 kali membaca surah Al-Fatihah sama nilainya dengan sedekah 4000 dinar

Kedua     : 3 kali membaca surat Al-Ikhlas sama nilainya dengan mengkhatamkan Al-Qur’an

Ketiga      : 3 kali membaca shalawat sama nilainya dengan harga Surga (Allahuma Shalli 'Alaa  Sayyidina Muhammad Wa 'Alaa Ali Sayyidina Muhammad).

Keempat  : 10 kali membaca istighfar adalah sama nilainya dengan menyambung silaturahim orang yang berselisih (Astagfirullahal ’azhiim).

Kelima      :  4 kali membaca Tasbih, Tahmid, Takbir sama nilainya dengan menunaikan 1 kali Haji (Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar).


“Aku akan menjalankan semua nasihatmu itu sebelum aku tidur Ya Rasululullah.” jawab sahabat Ali Radhiallahu Anhu
.

Hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk melakukan semua itu. Namun lihatlah semua kebaikan dari lima amalan yang akan kamu peroleh. Setelah membaca zikir tersebut kamu bisa lanjutkan dengan membaca doa sebelum tidur.


Agar lima amalan ini mudah diingat olehmu ketika kamu ingin tidur, kamu bisa menulis semua zikir tersebut di sehelai kertas untuk kamu baca sebelum kamu tertidur dan ditempelkan di meja belajar atau di dinding kamarmu agar mudah terlihat untuk kamu baca. Silakan share artikel ini kepada orang-orang terdekatmu, Insya Allah menjadi amal jariyah kita bersama.


Alangkah baiknya pula kamu tertidur setelah melaksanakan shalat Isya dan jangan lupa untuk berwudhu sebelum kamu hendak tertidur.


Jadi sahabat jannah, Yuk kita lakukan lima amalam sebelum tidur. Jangan lupa untuk selalu menjalankan amalan-amalan diatas agar kamu bisa tertidur nyenyak, terhindar dari mimpi buruk dan selalu dalam lindungan Allah. Mudah-mudahan kita semua termasuk kedalam hambanya yang Sholeh dan Sholehah. Insya Allah. Aamiin Ya Rabbal Alamin. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Baca juga : Kita Bukanlah Siapa-Siapa, Tapi Semua Akan Berakhir Sama Saja

                    Tiada Beda Kita di Depan Allah Kecuali Amal Ibadah Kita


Salsa Rizkia seorang pelajar berusia 17 tahun yang baru saja menyelasaikan masa pendidikannya di salah satu sekolah SMK Negeri di kawasan Jakarta. Mulai hobi menulis sejak 6 tahun lalu dan menjadi alumni #nulisyuk.