6 Cara Sederhana Perawatan Kulit Wajah

syakirdaulay.com - Kulit wajah bisa berubah karena disebabkan berbagai hal antara lain pertambahan usia, kondisi kesehatan, lingkungan dan perawatan. Perawatan kulit wajah sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana.  Perawatan kulit wajah artinya mencegah berbagai persoalan kulit seperti keriput, noda hitam, jerawat, kulit kusam, dan garis lurus.


Untuk menjaga kulit wajah yang sehat dan bersih dapat dilakukan dirumah dan sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya sehingga tidak perlu ke salon dan menghemat biaya. Hasilnya adalah kulit wajah menjadi bersih dan berseri dan andapun bisa tampil cantik.



6 Cara Sederhana Merawat Kulit Wajah


Untuk perawatan kulit wajah yang baik dan benar, cobalah ikuti 6 cara sederhana berikut ini :


1. Bersihkan wajah setiap hari

Cara Perawatan kulit wajah murah dan sederhana yaitu dengan cara rutin membersihkan wajah. Bersihkanlah atau cucilah wajah sehari dua kali, yaitu pada pagi hari dan sebelum tidur malam hari. Tujuan membersihkan adalah untuk membersihkan bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan wajah. Pastikan sebelum tidur tidak ada  make up, debu, dan polusi yang menempel di wajah anda.


Bersihkan juga wajah bila anda mengeluarkan keringat yang banyak seperti setelah berolah raga. Karena keringat yang berlebihan dat menutup pori-pori kulit sehingga memicu kemunculan jerawat dan komedo.


2. Bersihkan wajah dengan cara yang benar

Gunakanlah secara rutin air hangat untuk membersihkan wajah. Basuhlah dengan air hangat, baru gunakan sabun cuci muka. Lakukan pijatan yang lembut dengan menggunakan ujung jari secara melingkar saat menggunakan sabun. Setelah itu basuhlah muka dengan air dan keringkan dengan handuk yang bersih, setelah itu  tepuk-tepuklah wajah dengan perlahan-lahan. 


3. Gunakan sabun pembersih muka 

Ada jenis kulit wajah yang normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi dari beberapa jenis kulit tersebut. Perawatannya pun akan berbeda pula untuk setiap jenis kulit demikian juga berbeda produk yang akan digunakan untuk merawat setiap jenis kulit wajah.


Orang yang kulit berminyak dianjurkan menggunakan pembersih muka berbahan dasar lembut yang dapat melembapkan wajah tanpa membuat kulit wajah berminyak, misalnya pembersih wajah yang mengandung gliserin.


Sedangkan orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, dianjurkan memilih produk sabun pembersih muka berbahan kimia lembut dengan kandungan yang dapat melembapkan kulit, serta tidak mengandung alkohol dan wewangian.


Orang yang memiliki tipe kulit berminyak rentan memicu jerawat dan komedo dan dianjurkan memilih produk perawatan kulit atau make up yang berlabel noncomedogenic agar tidak terjadi penyumbatan pada pori-pori.


4. Gunakan Pelembab


Jenis kulit wajah juga menghendaki pelembab yang sesuai dengan kulit. Jika kulit berminyak dan berjerawat, gunakan pelembap yang bahan dasarnya air dan tanpa kandungan minyak.


Pelembab berguna untuk mengembalikan struktur dan kelembapan alami kulit wajah, menjaga keseimbangan pH kulit. Disamping itu pelembab juga berfungsi memperbaiki kerusakan sel-sel dan jaringan kulit seperti ceramide, niacinamide dan gliserol.


Untuk menjaga kelembapan alami kulit wajah, gunakanlah pelembah setelah mencuci muka.


5. Gunakan tabir surya

Tabir surya bermanfaat untuk melindungi kulit dari terkena sinar ultra violet yang dapat membuat warna kulit berubah. Bila sering kena sengatan matahari maka akan mudah munculnya flek atau bintik serta lekas keriput.


Sangat dianjurkan setiap hari menggunakan tabir surya khusus untuk wajah dengan SPF 30 walau sedang tidak panas cuacanya. Gunakan tabir surya 2 jam sekali jika sedang beraktivitas di bawah terik matahari.


Disamping menggunakan tabir surya, anda juga dianjurkan memakai kacamata hitam, baju lengan panjang, celana panjang, serta topi yang lebar, saat beraktivitas di luar ruangan. Sebisanya hindari panas sinar matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore secara langsung.


6. Jalani pola hidup sehat


Menjalani pola hidup sehat juga merupakan cara perawatan kulit wajah yang benar. Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan kurangi makanan berlemak, rutin berolah raga, minum air putih yang cukup, tidak merokok, istirahat cukup, serta tidak minum-minuman beralkohol.


Lakukanlah cara perawatan yang telah disebutkan di atas dengan rutin. Jika kulit wajah anda bermasalah, segeralah konsultasi dengan dokter kulit.  


Baca juga : Lapancara Rahasia Kedekatan Syakir Daulay Dengan Para Fans nya


Sumber Artikel: https://www.alodokter.com/
Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian
Editor: syakirdaulay.com