Ramadhan 2020 Beberapa Hari Lagi dan Bersiaplah Menyambutnya


syakirdaulay.com - Awal puasa Ramadhan 2020 akan segera tiba, tidak terasa kurang lebih 15 hari lagi kita akan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Allah SWT. Untuk menyambut bulan Ramadhan, tentu saja banyak hal yang perlu kita persiapkan agar ketika nanti kita menjalankan ibadah di bulan tersebut kita sudah memiliki persiapan sebelumnya.

Nah teman-teman sekalian, mau tahu apa saja sih yang harus dipersiapkan sebelum datangnya bulan suci Ramadhan? Berikut ini saya akan menjelaskan apa saja hal-hal yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan :

1. Menguatkan Niat

Ibadah yang sempurna adalah ibadah dengan ikhlas dan tulus. Sebelum bulan Ramadhan datang kita perlu memantapkan niat untuk menjalankan ibadah dengan ikhlas dan hanya untuk mencari ridho Allah SWT semata, tanpa ada niat yang lainnya. Fokuskan tujuan ibadah hanya untuk Allah SWT.

2. Mempersiapkan diri dengan melakukan hal-hal yang positif

Misalnya seperti, kita mulai untuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ketika Ramadhan tiba, fisik kita menjadi sehat dan tentunya ibadah akan lancar. Tidak tidur terlalu larut malam dan bangun maksimal satu jam sebelum subuh sehingga saat puasa tiba, kita sudah terbiasa bangun untuk makan sahur.

Biasakan mulai dari saat ini kita untuk melakukan shalat berjamaah di masjid dan membaca Al-Qur’an di beberapa waktu senggang, terutama pada waktu sebelum dan sesudah shalat 5 waktu dan jangan lupa juga untuk selalu bershalawat dan beristighfar. Sehingga kebiasaan seperti ini akan terbawa hingga bulan Ramadhan nanti.

3. Memperbanyak doa dan mempersiapkan tabungan amal kebaikan di bulan Ramadhan

Dalam bulan Ramadhan kita memperbanyak berdoa kepada Allah SWT dan memperbanyak istighfar memohon ampun Allah SWT. Selain itu kita juga sangat dianjurkan memperbanyak amal kebaikan kepada sesama hamba.  

Tentu saja di antara kita nanti ada yang ngajak bukber atau buka puasa bersama atau juga ngabuburit. Kita tentu nantinya akan membeli makanan untuk persiapan berbuka puasa.  Kalau sudah begini pastinya pemikiran dari teman-teman ada yang beranggapan bahwa pengeluaran biaya akan semakin membesar. Oleh sebab itu mulailah saat ini sebelum kita menyambut bulan ramadhan, mari kita menyisihkan/menabung sisa uang jajan kita untuk persiapan di bulan ramadhan nanti. 

Ramadhan 2020 Beberapa Hari Lagi dan Bersiaplah Menyambutnya

Dan hasilnya nanti bukan saja kita sendiri yang akan merasakannya melainkan orang lain juga dapat merasakannya. Seperti kebaikan kecil yang dapat kita lakukan secara sederhana. Mulai dari kita memberikan makanan, bersedekah uang, atau berbagi dengan donasi untuk orang-orang yang membutuhkan. Sehingga dari hal kebaikan kecil inilah yang dapat menjadi tabungan amal kebaikan kita di bulan ramadhan.

4. Mengganti/membayar puasa sebelumnya

Nah teman-teman sekalian, ini adalah hal terakhir yang perlu kita lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Usahakanlah jika kalian ada meninggalkan puasa atau tidak berpuasa pada Ramadhan tahun lalu, segeralah mengqadhanya sebelum Ramadhan tiba, kecuali bagi orang yang lanjut usia boleh menggantinya dengan membayar fidyah. 

Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya di bulan lain. Seperti wanita yang sedang haid dan nifas, serta orang yang sedang sakit atau dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, untuk teman-teman sekalian yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan, sebaiknya hutang tersebut diselesaikan dengan mengqadha sebelum Ramadhan tiba.

Itulah hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tiba agar kita dapat menjalankan puasa dengan hati dan pikiran yang tenang dan lancer tanpa ada hambatan. 

Mulai dari sekarang, Yukk mari kita sama-sama menyambut dengan suka cita bulan suci ramadhan ini yang penuh berkah dan ampunan dengan Ibadah bersungguh-sungguh niat karena Allah SWT. Sehingga segala hajat kita diberikan keberkahan dan keridhoan oleh Allah SWT. Aamiin … Aamiin … Ya Rabbal ‘Alamiin

Teman-teman sekalian semoga artikel dari saya ini dapat memberikan motivasi sekaligus inspirasi kepada teman-teman sekalian untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam mempersiapkan hal-hal apa saja sebelum menyambut bulan Ramadhan nanti.

Seperti biasa, sebelum saya mengakhiri penulisan artikel saya punya pantun ni untuk teman-teman sekalian.

“Serasa hati sangat khawatir
Masak kue tak ada daun pandan
Sholat tarawih dan sholat witir
Hanya berada saat Ramadhan”

Sekian dari saya, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wabillahi taufiq walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selasa, 07 April 2020
Penulis Artikel :
Muszalifah Balqis