Biodata Lengkap Nova Eliza Main Fatih Pemeran Dewi Kipas


syakirdaulay.com - Nova Eliza adalah seorang model dan artis kelahiran Aceh. Ia anak dari pasangan Almarhum Nurdin AR dan Cut Rosmaniar. Ia yang semula bercita-cita ingin menjadi pramugari, tapi Allah menghendaki ia menjadi seorang model, penyanyi dan artis.

Nova Eliza yang akrab disapa dengan Nova mengawali karirnya sebagai seorang model dan akhirnya terjun ke dunia hiburan, dunia peran yang menjanjikan. Tepat di usianya 18 tahun Nova muncul pertama sekali di televisi. Dia main sinetron pertama sekali tahun 1998 di Indosiar melalui sinetron Karmila. Karena aktingnya bagus, Nova lanjut syuting di sinetron keduanya yang berjudul “Doaku Harapanku yang tayang di RCTI dari 1998-2000 walau sebagai pemeran pendukung. Sinetron ini menjadi pelopor sinetron pada bulan Ramadhan. Dari sinetron ini nama Nova mulai dikenal dikenal oleh pemirsa dan diiringi dengan mendapat tawaran dari bermain sinetron, iklan, FTV bahkan sampai film layar lebar. 

Sinetron yang  membuat nama Nova Eliza melambung adalah “Julia Jadi Anak Gedongan” tayang di RCTI tahun 2004. Dalam sinetron ini, Nova  berperan sebagai Julia, cewek asli Betawi yang tomboy dan super cuek sama cowok. Cewek Betawi ini yang sebelumnya sangat tertutup dengan cowok, akhirnya suka sama seorang cowok yang bernama Romi yang diperankan oleh Thomas Djorghi. Akan tetapi cinta mereka tak berkelanjutan karena orang tua Romi tidak berkenan menerima menantu yang beda status sosial dan budaya .

Salah satu FTV yang dibintanginya berhasil mendapatkan Piala Vidia untuk Pemeran Utama Wanita FTV Terbaik di Festival Film Indonesia 2013 dalam FTV yang berjudul “Sawah Leluhur” 

Setelah 6 tahun atau tahun 2004 sukses bermain di sinetron Nova Eliza pun mendapat tawaran untuk  bermain di film layar lebar.  Film perdananya “Rindu Kami Padamu “ ditangani  oleh seorang sutradara yang cukup handal yaitu Handal Garin Nugroho. Sukses di Film perdana, ia diajak lagi film yang disutradarai oleh Mirwan Suwarso yang berjudul “Susahnya Jadi Perawan” produksi tahun 2007. Alhamdulillah lebih kurang 10 buah film yang telah dibintangi sejak tahun 2004 sampai 2018.

Nova Eliza telah main film dan sinetron mulai dari genre drama, horor, komedi bahkan sampai kekerasan rumah tangga. Nova senang mendapat tantangan demikian karena dituntut bisa mengeksplorasi lebih mendalam tentang dunia seni peran. Nova pun sering barengan main dalam suatu film dan sinteron dengan aktor dan artis kenamaan (senior) seperti Ranti Maria, Agust Melasz, Teddy Syach, Atalirik Syach, Putri Ayudya, Dhea Anmnisa Krisdayanti, Sujiwo Tejo, Wieke Widowati, Yati Surachman dan beberapa artis sinetron senior lainnya.

Nova Eliza menikah dengan dengan seorang sutradara Mirwan Suwarso 10 September 2007 di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan melahirkan anak pertama tanggal 26 Desember 2008 yang diberi nama Naima Malinka Suwarso . Tetapi takdir berkata lain, kehidupan rumah tangga mereka tidak bertahan lama dan bercerai 8 Maret 2012.

Sejak menyandang status sebagai janda, Nova Eliza menjadi single parent dalam membesarkan anak buah hatinya seorang diri. Di satu sisi Nova  perlu waktu untuk mengurus anaknya dan melihat perkembangannya, tapi  dan disisi lain ia harus mencari uang untuk mempertahankan hidup.

Dilema memang untuk seorang ibu yang single parent antara kerja cari nafkah dengan selalu bisa bersama  anak. Hatinya berat meninggalkan anaknya, tapi diapun tidak ingin aktifitas di dunia akting. Untuk mengatasinya Nova Eliza harus mengadakan penyesuaian jam syuting. Nova hanya mengambil tawaran yang waktu syutingnya singkat seperti film saja, yang hanya butuh waktu 2 hingga 4 minggu saja.

Nova Eliza sebisa mungkin membawa anaknya kelokasi syuting baik itu syuting film maupun sinetron sebagai bukti ia bertanggung jawab mengurus anaknya. Nova sangat khawatir melihat perkembangan teknologi zaman sekarang. Nova pernah  berhenti sementara dari dunia akting karena ingin dekat dengan anak. walau selalu ada tawaran untuk kembali syuting.

Nova Eliza sangat enjoy menjalani hidup sendiri, meski ada minat untuk berumah tangga kembali. Dia ingin menikah lagi, tapi dia menunggu orang yang tepat yang bisa memahami keadaan diri dan anaknya. Dia ingin seseorang yang bisa menjadi teman dan nyaman dalam hidupnya dan tak perlu terburu-buru karena malu dengan status, umur dan  tuntutan lingkungan . Kalau ada Alhamdulillah, enggak ada juga enggak apa-apa karena sudah terbiasa hidup sendiri.

Saat tidak syuting Nova Eliza menyibukkan dirinya berolah raga. Nova sangat suka berolah raga. Nova suka olah raga antara lain sepak bola, fitness, climbing, boxing, body language, bilyard, yoga, pilates. Olah raga sudah menjadi kebutuhan bagi Nova. Nova sangat suka menjaga tubuhnya sehingga ia kelihatan selalu tampil awet muda. Tentu tidak saja cukup dengan olah raga, tapi asupan makanan yang sehat juga harus dijaga. Nova mengganti nasi dengan gandum atau beras merah dan memperbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Nova makan sering tapi dengan porsi kecil dan sedikit.

Nova Eliza sempat belajar Yoga dan Pilates selama 3 bulan secara jarak jauh melalui internet sebagai media belajarnya. Sebab guru pilatesnya ada di Singapura sedangkan guru Yoganya ada di New York. Karena suka senam badan, akhirnya Nova membuka usaha bisnis olah raga.

Setelah belajar Pilates dan Yoga, Nova mengembangkan hobbynya menjadi bisnis. Ia membuka usaha baru akhir tahun 2009 yang diberi nama“Bodylicious & Pilates Studio”  di Hotel Kemang Icon, Lantai 5, Kemang Jakarta Selatan. Dalam bisnis ini Nova mengajak siapa saja yang ingin menurunkan berat badan, serta membentuk dan mengencangkan tubuh, silakan ikut Program Bodyship selama 3 bulan. Peserta nantinya akan diajarkan dengan cara olah raga seperti fitness, boxing, yoga dan pilates serta bagaimana mengubah pola makan, pola pikir dan pola hidup dan juga akan mendapat bimbingan langsung dari ahli gizi.

Saat Nova Eliza jarang kelihatan di layar kaca, ternyata Nova sedang aktif sebagai seorang aktifis dan dalam berbagai kegiatan sosial. Ternyata Nova disamping seorang, model, artis juga seorang aktivis dan pegiat sosial. Bermula dari pengalaman pribadi yang pernah menjadi korban kekerasan dan rasa prihatinnya terhadap banyaknya masalah yang menimpa perempuan, Tahun 2015 Nova berinisiatif untuk mendirikan suatu Yayasan yang diberi nama Yayasan Suara Hati Perempuan sebagai salah satu bentuk kepedulian kepada sesama perempuan.  .

Yayasan ini diperkenalkan ke publik tanggal 9 Desember 205 yang bertujuan untuk melakukan pemberdayaan perempuan dan mengajak semua pihak untuk menghentikan perlakuan kekerasan terhadap perempuan. Nova aktif mejadi pembicara ke daerah-daerah dalam rangka mengedukasi tentang kekerasan wanita dalam KDRT, memberi sosialisasi penolakan kekerasan terhadap perempuan. Yayasan yang didirikan Nova menjadi wadah  untuk perempuan yang menjadi korban kekerasan.

Tjitjak Events bekerja sama dengan Yayasan Suara Hati Perempuan dan atas dukungan KBRI Den Haag dan Nova Eliza diundang dalam acara penggalangan dana untuk Yayasan yang dilaksanakan di Aula KBRI Den Haag tanggal 9 Juli 2018. Sejak itu Nova sering diundang ke berbagai kegiatan yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan anti kekerasan terhadap perempuan baik di Inonesia maupun di manca Negara. Sejak itu Nova semakin aktif kampanye kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak. Masih banyak perempuan yang tidak berfani menceritakan kekerasan KDRT  yang pernah dialaminya.

Akan tetapi disela-sela tidak syuting, Nova Eliza juga tetap menerima tawaran main film dan sinetron yang sifatnya short time. Nah sekarang ini, Nova Eliza yang berdarah Aceh sedang syuting Fatih Di Kampung Jawara berperan sebagai Dewi Kipas. Dewi Kipas memerankan karakter seorang wanita yang mempunyai ilmu silat yang tinggi dan ingin menguasai Kampung Jawara. Tentu saja keinginan Dewi Kipas mendapat perlawanan warga Kampung Jawara serta Fatih atau Syakir Daulay yang juga berdarah Aceh dan warga Kampung Jawara lainnya.

Dewi Kipas berhasil merayu Babeh Mansyur dengan janji akan menikah apabila Babeh Mansyur bisa memenuhi syarat yang dimintanya. Syarat yang dimintanya adalah harus bisa membunuh Fatih cucunya sendiri dan Om Bima temannya. Babeh Mansyur menyanggupinya, Sejak itu Babeh Mansyur yang sudah terkena ilmu pelet Dewi Kipas memusuhi Fatih, Om Bima semua Warga Kampung Jawara yang berani mengganggu Dewi Kipas. Dewi Kipas selalu mengulur-ngulur hari pernikahannya dan dalam masa menunggu itu, Babeh Mansyur mendengar sendiri ucapan Dewi Kipas bahwa ia tidak mau menikah dengan Babeh Mansyur. Ini hanya sandiwara belaka.

Nova Eliza Main Fatih Pemeran Dewi Kipas
instagram.com/mncp_fatihdkl.mnctv/
Dewi Kipas membuat pengumuman dan menyatakan akan perang di tempat dan hari yang telah ditentukan dengan Warga Kampung Jawara. Babeh Agi mengirim berita kepada semua jagoan Kampung Jawara untuk kembali karena Kampung Jawara dalam bahaya. Satu persatu jagoan Kampung Jawara pulang dan juga Babeh Mansyur akhirnya sadar dan kembali bergabung dengan Kampung Jawara untuk melawan pertempuran dengan pasukan Dewi Kipas.

Bagaimanakah kisah peperangan selanjutnya?.
Siapa gadis yangmenerima surat dari Babeh Agi yang dikirim melalui burung merpati?
Apakah akan ada musuh baru lainnya lagi?
Bagaimana dengan Fatih dan jagoan Kampung Jawara lainnya? Apakah mereka mampu meredam masalah?

Makanya, stel layar kaca di MNCTV  setiap malam pukul 19.00 WIB

Baca juga : Arnold Leonard Pemeran Rain Fatih Di Kampung Jawara

Yuk kita simak biodata lengkap dan film dan sinetron yang telah dibintanginya

- Nama Populer  :  Nova Eliza
- Agama             : Islam
- Tempat lahir    : Sigli, Aceh
- Tanggal lahir   : 4 Juni 1980
- Orang tua        : Nurdin AR dan Cut Rosmaniar
- Suami             : Mirwan Suwarso (2007-2012)
- Anak              : Naima Malinka Suwarso
- Hobby            : olah raga
- Tempat Gym   : Bodylicious
- Twitter            : @novaeliza
- Instagram       : @novaelizastory

Film :
- Rindu Kami Padamu (2004)
- Susahnya Jadi Perawan (2008)
- Golden Goal (2011)
- Bajaj Bajuri The Movie (2014)
- Ach Aku Jatuh Cinta (Segera hadir 2015)
- Aku Ingin Ibu Pulang (2016
- Kartini (2017)
- Ananta (2018)
- Jaran Goyang (2018)
- Kafir (2018)

Sinetron :
- Karmila (1998, Indosiar)
- Doaku Harapanku (1998-2000, RCTI)
- Waktu Terus Berjalan (2001)
- Boneka Poppy (2000-2001, SCTV)
- Julia Jadi Anak Gedongan (2004, RCTI)
- Kecupan Kangen (2004)
- Bule Masuk Kampung (indosiar, 2004-2006)
- Jalan Jaksa (2005)
- Jamilah Binti Selangit (RCTI, 2005)
- Sulaiman
- Dahlia Kembang Pengkolan
- Legenda episode Nyai Dasima
- Hikayah
- Si Cemong (2013, SCTV)
- Diam Diam Suka (2014-2015, SCTV)
- Maha Cinta (2018, SCTV)
- Jangan Ambil Anakku (2010, Indosiar)
- Cahaya Terindah (2019, RCTI)

FTV :
- Stella Dan Anneke
- Sawah Leluhur (2013)

Penghargaan
- Prestasi Juara III Bilyard Celebrity Competition
- Mendapat Piala Vidia untuk Film Televisi sebagai Pemeran Utama FTV Terbaik di Festival Film Indonesia 2013.
- Mendapat Piala pada Festival Film Bandung 2016 sebagai Pemeran Pendamping Wanita Terpuji dalam Film  Aach…Aku Jatuh Cinta.
-
Inilah profil Nova Eliza yang bereperan sebagai  Dewi Kipas pada sinetron Fatih Di Kampung Jawara, semoga tulisan ini dapat menjawab rasa ingin tahu tentang Dewi Kipas. Terima kasih telah mengunjungi situs ini.