-->

Ingatin Teman Juga Dakwah


syakirdaulay.com
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Hari ini aku punya tema yang menarik mengenai dakwah. Apa sih arti dakwah sebenarnya dalam Islam? Dakwah artinya mengajak dan menyeru manusia ke jalan Allah SWT.

Dakwah dalam Islam terbagi menjadi 2 hukum yaitu:

1. Fardhu 'Ain

Fardhu 'ain adalah perkara yang wajib di tunaikan oleh setiap individu. Contoh shalat lima waktu,puasa,zakat,haji, dakwah dan sebagainya.

2. Fardhu kifayah

Fardhu kifayah adalah perkara yang wajib dilaksanakan oleh sebagian anggota masyarakat. Contohnya mengurus jenazah.

Berdakwah itu sangat penting dalam kehidupan kita. Karena berdakwah salah satu cara untuk beribadah kepada Allah SWT. Dakwah juga merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan kita kepada saudara saudara kita yang seiman. 
Dakwah itu mengajarkan bahkan mengajak saudara saudara kita untuk mengikuti ajaran Allah dan berdakwah salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim yang di ajarkan oleh Rasullullah SAW.


Ingatin Teman Juga Dakwah

Pernah gak sih kalian bertanya sebenarnya tujuan kita hidup di dunia itu apa sih? Tujuan kita hidup di dunia itu salah satunya adalah untuk beribadah kepada Allah SWT serta berdakwah di jalan Allah SWT. Makanya penting banget kan kita sebagai umat Islam untuk saling mengingatkan satu sama yang dan tentunya lewat dakwah.

Dakwah itu bisa dilakukan dengan cara langsung maupun tidak langsung, bisa lisan dan bisa melalui tulisan.



Contoh nih kalau kalian di sekolah ketemu teman kalian yang ketika waktu azan bukannya siap siap untuk shalat tapi masih keluyuran gak jelas. Nah saat itu kalian wajib tuh kudu ingatin teman kalian untuk shalat, dengan begitu setelah mereka mendengar ajakan kalian dan mereka mengikuti ajakan kalian itu udah termasuk dakwah.

Baca juga : Motivasi Dari Syakir Daulay Dengan Gadget Jangan Asal Tulis di Medsos

Dakwah juga bisa lewat sebuah nasehat yang kalian tulis dan tentunya bisa menyentuh hati seseorang.

Sesungguhnya Allah berfirman yang artinya:

Ajaklah seluruh manusia kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalannya dan dialah lebih mengetahui orang-orang yang yang mendapat petunjuk. (QS. An Nahl ayat 125)

Makanya teman teman di usia muda kita sudah mulai belajar untuk berdakwah. Di usia muda kita jangan sampai menyia-nyiakan waktu yang Allah berikan kepada kita. Jangan sampai waktu yang diberikan oleh Allah terbuang cuma cuma. Karena kita hidup di dunia hanya sementara dan di akhirat adalah tempat yang kekal. 
Perbanyaklah untuk berbuat baik dan jauhilah perbuatan buruk. Perbanyaklah kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dan berharap keridhaan Allah setiap apa yang kita kerjakan. Semoga Allah selalu memberikan Rahmat dan KaruniaNya dalam bentuk cinta dan kasih sayangNya kepada kita dan kita selalu dalam penjagaan dan lindungan Allah. Aamin Aamiin Ra Rabbal 'Aalamiin.

Terimakasih buat teman teman yang sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Dan jangan lupa kita selalu menyebarkan kebaikan dan saling mengingatkan satu sama yang lain. Mohon maaf kalau ada salah kata baik di sengaja maupun tidak sengaja.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Baca juga : Teruslah berjuang Menghindari Pacaran dan 

Berjuang Mengejar Cinta Kepada Allah dan Rasulullah


Artikel ini ditulis oleh:
qthrn.nada