Jaga Diri dan Keluarga dari Corona


syakirdaulay.com - Kali ini saya coba menulis tentang adanya suatu wabah yang dikenal dengan virus corona atau ada juga yang menyebut dengan istilah lain Covid 19. Sobatku sekalian virus Corona ini harus cukup kita waspadai karena sifat penularan virus ini cenderung mudah. Penularan virus corona dapat terjadi dengan cara berikut ini : 

1. Kena dahak batuk dan bersin orang yang sudah positif corona.
2. Bersentuhan dan berjabat tangan dengan orang yang sudah positif corona.
3. Menyentuh benda atau permukaan yang sudah ada virus coronanya. Setelah itu tidak sempat mencuci tangan, lalu menyentuh mulut, hidung dan mata. 

Karena itu Pemerintah menghimbau masyarakat untuk menjaga jaga jarak aman (social distancing) dan menghindari kerumunan orang guna menghindari penularan dan penyebaran corona tidak semakin meluas dan kepada masyarakat juga diminta untuk mematuhi untuk tidak keluar rumah jika tidak karena keperluan yang paling penting.  

Upaya yang bisa dilakukan oleh setiap orang dalam rangka pencegahan penyebaran Corona antara lain :

1. Tidak keluar rumah jika tidak karena alasan yang sangat penting sekali.
2. Menghindari kontak langsung dengan orang lain seperti bersalaman.
3. Jaga jarak aman dalam berinteraksi sosial
4. Mengindari kerumunan massa dan pertemuan kelompok
5. Gunakan masker jika demam dan batuk
6. Jika merasa kurang sehat, lakukanlah isolasi mandiri
7. Membatasi penggunaan transportasi umum kecuali mendesak
8. Cuci tangan pakai sabun dengan benar.

Dengan adanya virus ini kita khususnya sebagai umat muslim harus lebih saling mengintropeksi diri. Karena apa? Sesungguhnya tidak ada didunia ini yang terjadi dengan secara kebetulan. Semua yang ada didunia ini, serta seluruh isinya ada dan terjadi atas izin Allah SWT. Semua yang sudah terjadi, yang telah terjadi saat ini, maupun  yang akan terjadi nanti pun, semuanya mengikuti "Sunnatullah" (Ketentuan Allah).

Wahai saudaraku Allah SWT menciptakan kesulitan, tapi Allah juga memberikan kemudahan. Allah memberikan cobaan maupun sakit, Allah pasti juga memberikan obat dan jalan keluar dari kesulitan itu, 
Jaga Diri dan Keluarga dari Corona

Saat kita dalam kesulitan dan sakit, sebagai muslim harus yakin bahwa ini cobaan atau musibah. Kita diminta instropeski dan terus berusaha agar kita ada jalan keluar dari kesulitan dan berusaha berobat ke dokter. Kesulitan dan sakit akan ada solusi dan sembuh juga karena izin Allah SWT. Sebagai hamba yang beriman kita harus bisa mengambil hikmah dari kesulitan dan sakit yang kita alami. Kita harus tetap husnudzan kepada Allah SWT.

Begitu pula dengan hikmah dibalik wabah/pandemik seperti virus corona ini. Mari kita lihat beberapa hal yang positif antara lain : 

1. Corona menjadikan ditutupnya bar, klub malam, rumah bordil, atau semacam tempat kerumunan lainnya. 

2. Corona membawa keluarga bersama kembali dalam rumah, dan melakukan segala aktivitas bersama, yang sebelumnya sulit sekali untuk menghabiskan masa masa  bersama  dengan orang yang kita sayangi.

3. Lebih semakin mendekatkan diri kepada Penciptanya dengan banyak berdoa dan saling mendoakan serta berharap hanya kepada Allah SWT, dan tidak semata mata terus mengandalkan sains dan teknologi.

4. Memperlihatkan betapa bergunanya wudhu, paling tidak 5 kali dalam sehari.

5. Lebih menjadi banyak pengetahuan dan saling mengingatkan tentang bagaimana bersin, batuk dan menguap itu seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW 1400 tahun yang lalu .

6. Corona membuat kita tinggal dirumah serta hidup secara sederhana .

7. Memberi kesempatan kita untuk melihat bahwa,mati itu nyata dan semakin dekat dengan kita.

8. Mengajarkan kita agar tidak sembarangan bersentuhan, makan serta minum diluar dengan sembarangan.

9. Membangunkan kita semua kepada kenyataan untuk meminta pengampunan serta pertolongan kepada Allah SWT.

10. Menjadikan kita semua sadar, bahwa semua yang kita miliki hanyalah sebuah titipan. Semua milik Allah dan Allah bisa ambil nikmat itu kapan saja.

11. Lalu, yang terakhir sungguh masih banyak sisi positif lainnya dari adanya virus corona yang belum terurai dalam tulisan ini. 

Bukanlah bermakna dengan adanya hal-hal positif ini, penulis menginginkan adanya virus corona. Tidak. Bukan itu maksud penulis. Karena pemerintah sudah mengeluarkan himbauan tentang virus corona, maka terlihat adanya dampak positif ini.

Mari kita perketat jaga diri dan keluarga dengan mematuhi himbauan dari pemerintah agar kita terhindar dari penularan corona yang membahayakan kita sekeluarga dan orang lain. Dan bersabarlah dengan shalat dan perbanyak berdoa agar Allāh segera angkat wabah ini.

Artikel ini ditulis oleh :